Rabu, 11 April 2018

SEJARAH PEMIKIRAN TEORI EKONOMI MAZHAB SOSIALIS


MAKALAH
SEJARAH PEMIKIRAN TEORI EKONOMI MAZHAB SOSIALIS
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sejarah Teori Ekonomi
Dosen pengampu
Prof. Dr. H. Disman, M.S.




Oleh:

Eva Hadijah                            1600152
Dikri Taufik Fadlilah              1600074
Ira Rahayu                              1603410
Ira Yulia Agustina                  1602162
Rizki Kurniawan Pratama       1607341





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2018


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Sejarah Pemikiran Teori Ekonomi Mazhab Sosialis”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sejarah Teori Ekonomi.
Makalah ini berisi uraian mengenai sejarah pemikiran mazhab sosialis, ekonomi mazhab sosialis utopis, ekonomi mazhab sosialis ilmiah, serta tokoh-tokoh pemikir mazhab sosiais.
Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Prof. Dr. H. Disman, M.S. selaku dosen pengampu mata kuliah Sejarah Teori Ekonomi beserta teman-teman kelompok yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.






                                                                                               



                                                                                                Bandung, 5 Maret 2018




                                                                                                            Penyusun

DAFTAR ISI
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A.    Latar Belakang 1
B.     Rumusan Masalah 2
C.     Tujuan Penulisan 3
BAB II PEMBAHASAN 4
A.    Sistem Ekonomi Sosialis 4
B.     Latar Belakang Pemikiran Mazhab Sosialis 4
D.    Kritik Atas Sosialisme Utopis 9
E.     Dialektika dan Materialisme Historis 13
F.      Kontradiksi Internal Kapitalisme dan Sosialisme Ilmiah 15
G.    Tokoh-tokoh Pemikir Mazhab Sosialis 18
BAB III PENUTUP 32
A.    Kesimpulan 32
B.     Saran 32
Daftar Pustaka













BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
1.      Mazhab Sosialisme
Pemikiran-pemikiran mazhab Klasik dinilai oleh para pemikir ekonomi selanjutnya banyak terdapat kelemahan-kelemahan, dan merugikan masyarakat, terutama banyak merugikan kaum buruh. Maka kemudian lahirlah mazhab baru yang dinamakan mazhab sosialisme. Mazhab Sosialisme dikatakan lahir an bekembang sebagai reaksi terhadap akibat buruk dari adanya revolusi industri. Revolusi Industri memang membawa kemajuan dan banyak kekayaan, sungguh pun pada kenyataannya banyak dari rakyat terutama kaum buruh yang hidupnya tetap miskin karena gaji buruh bukan hanya sangat rendah tetapi juga selalu ditekan.
Para tokoh pemikir Sosialisme sangat anti terhadap kapialisme dan individualisme, karenameraka yang semakin kaya itu adalah hanya kaum pemilik modal atau kaum kapitalis, dengan demikiantejadi kesenjangan ataupun ketimpangan pola hidup, yaitu jurang yang semakin dalam antara si kaya dan miskin.
Sosialisme merupakan doktrin yang menyokon pemilikan dan pengawasan publik terhadap alat-alat produksi utama, adapun tujuannya untuk mencapai distribusi barang yang lebih efisien dan adil.
Prinsip Ajaran Sosialisme Prinsip-prinsip ajaran Sosialisme berakar pada transformasi ekonomi, sosial, dan kultural ropaselama abad 18 sampai 19. Ide pokok lahirnya adalah dari suatu ketidak puasan manusia yang terusmenerus akan kondisi eksistensinya. Ketidak-puasan itu tercermin dalam hasrat mereka untuk mengatasiberbagai rupa kelangkaan, ketidakadilan, dan persoalan sosial serta kerinduan akan keadilan, kebahagiaan, kesempurnaan.
Secara garis besar, faktor-faktor yang mendorong lahirnya Sosialisme:
a.       Karena adanya revolusi Industri.
b.      Karena bangkitnya kaum borjuis (majikan) dan kaum proletariat (buruh).
c.       Munculnya pemikiran-pemikiran baru yang lebih terpelajar, dan lebih rasional terhadap kehidupanmanusia & masyarakatnya.
d.      Adanya tuntutan-tuntutan berlakunya demokrasi dari hasil revolusi Perancis.
Perkembangan dan upaya semua pengejaran terhadap kekayaan pribadi dianggap oleh mazhab Sosialisme sebagai akar ketidakadilan diantara manusia, dan sebagai penyebab keruntuhan moral serta buruknya orde masyarakat. Oleh sebab itu, penghapusan atas hak-hak milik swasta atau pun pengawasan terhadap manifestasinya yang tidak diinginkan adalah merupakan ajaran pokok Sosialisme.
Para tokoh pemikir Sosialisme menyatakan bahwa sesungguhnya kaum buruh (tenaga kerja) adalah sumber dari seluruh kekayaan, oleh sebab itu kaum pekerja seharusnya mendapatkan seluruhhasil usahanya. Sosialisme juga mempertahankan bahwa karena produksi adalah usaha kolektif, dibawahsistem pabrik industri, maka kepemilikan berbagai rupa alat-alat produksi harus pula secara kolektif.
2.      Mazhab Historis
Volkgeist Terminology inilah yang paling sering ditemui jika membuka lieteratur, dan kemudian membaca bahagian aliran pemikiran hukum dalam lintasan Mazhab sejarah. Istilah tersebut pertama kalinya dikembangkan oleh murid Friedrich Carl Von Savigny (1779-1861) yang bernama G. Puchta, hukum merupakan pencerminan jiwa dari rakyat.
Hukum itu tidak dibuat, tetapi tumbuh dan berkembang bersama masyarakat (Das Recht Wird Nicht Gemacht, Est Ist Und Wird Mit Dem Volke). Di dunia ini terdapat banyak bangsa, dan tiap-tiap bangsa tadi memiliki suatu Volkgeist (jiwa rakyat). Jiwa ini berbeda, baik menurut waktu maupun tempat.
Mencermati pemikiran Savigny, dalam konteks yang melatarbelakanginya sehingga  muncul pemikiran perihal “Jiwa Bangsa atau Jiwa Rakyat”, setidaknya dipengaruhi oleh dua Mazhab hukum.

B.     Rumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana sistem ekonomi sosialis?
2.      Apa yang melatarbelakangi pemikiran ekonomi sosialis?
3.      Bagaimana pokok-pokok pemikiran mazhab sosialis?
4.      Bagaimana kritik atas sosialisme utopis?
5.      Bagaimana dialektika dan materialisme historis?
6.      Bagaimana kontradiksi internal kapitalisme dan sosialisme ilmiah?
7.      Siapa saja tokoh dalam pemikiran mazhab ekonomi sosialis?

C.    Tujuan Penulisan
Dari perumusan masalah di atas. Tujuan penulisan makalah ini sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui sistem ekonomi sosialis.
2.      Untuk mengetahui latar belakang pemikiran ekonomi sosialis.
3.      Untuk mengetahui pokok-pokok pemikiran mazhab sosialis.
4.      Untuk mengetahui kritik atas sosialisme utopis.
5.      Untuk mengetahui dialektika dan materialisme historis.
6.      Untuk mengetahui kontradiksi internal kapitalisme dan sosialisme ilmiah.
7.      Untuk mengetahui tokoh dalam pemikiran mazhab ekonomi sosialis.




















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sistem Ekonomi Sosialis 
Sistem ekonomi ini merupakan bentuk  resistensi dari sistem ekonomi sebelumnya yaitu sistem ekonomi kapitalis. Karena sistem ekonomi kapitalis dituding menjadi penyebab  tidak tercapainya suatu kesejahteraan masyarakat yang merata. Sistem ekonomi sosialis merupakan kebalikan dari sistem ekonomi kapitalis, yang mana menyerahkan segala siklus ekonomi sepenuhnya kepada  mekanisme pasar yang ada. Sedangkan untuk
sistem ekonomi sosialis, di mana pemerintah sangat memiliki peran sangat besar di dalam 
mengelola roda perekonomian dari hulu  hingga hilir dalam rantai perekonomian di  masyarakat (Dani, 2017).
Sistem ekonomi sosialis bukan berarti tidak memberikan kebebasan individu dalam  kegiatan ekonomi, individu tetap diberikan  kebebasan dalam melakukan aktivitas  ekonomi tetapi sangat terbatas sekali, serta dengan adanya campur tangan pemerintah yang sangat besar. Pemerintah melakukan campur tangan demi terwujudnya  kemakmuran masyarakat bersama, tetapi di  sisi lain kepemilikan individu yang dibatasi  menyebabkan kreativitas individu menurun karena semangat untuk berkarya di bayang-bayangi oleh pemerintah untuk kemakmuran bersama. Karena sistem ekonomi sosialis ini memiliki pandangan bahwa suatu kemakmuran pribadi atau individu hanya dapat terwujud jika berlandaskan kemakmuran secara bersama-sama. Sehingga konsekuensi yang harus dipertaruhkan ialah penguasaan dan kepemilikan atas aset-aset ekonomi  maupun terhadap faktor-faktor produksi yang ada sebagian besarnya adalah kepemilikan untuk sosial.

Pemikiran-pemikiran mazhab Klasik dinilai oleh para pemikir ekonomi selanjutnya banyak terdapat kelemahan-kelemahan, dan merugikan masyarakat, terutama banyak merugikan kaum buruh. Maka kemudian lahirlah mazhab baru yang dinamakan mazhab sosialisme.
Mazhab Sosialisme dikatakan lahir dan berkembang sebagai reaksi terhadap akibat buruk dari adanya revolusi industri. Revolusi industri memang membawa kemajuan dan banyak kekayaan, sungguhpun pada kenyataan banyak dari rakyat terutama kaum buruh yang hidupnya tetap miskin karena gaji buruh bukan hanya sangat rendah tetapi juga selalu ditekan.
Para tokoh pemikir Sosialisme sangat anti terhadap kapitalisme dan individualisme, karena mereka yang semakin kaya itu adalah hanya kaum pemilik modal atau kaum kapitalis, dengan demikian terjadi kesenjangan ataupun ketimpangan pola hidup, yaitu jurang yang semakin kaya antara si kaya dan si miskin.
Sosialisme merupakan doktrin yang menyokong pemilikan dan pengawasan publik terhadap alat-alat produksi utama, adapun tujuannya untuk mencapai distribusi barang yang lebih efisien dan adil.
Prinsip Ajaran Sosialisme Prinsip-prinsip ajaran Sosialisme berakar pada transformasi ekonomi, sosial, dan kultural Eropa selama abad 18 sampai 19. Ide pokok lahirnya mazhab sosialisme adalah dari suatu ketidakpuasan manusia yang terus menerus akan kondisi eksistensinya. Ketidakpuasan itu tercermin dalam hasrat mereka untuk mengatasi berbagai kelangkaan, ketidakadilan, dan persoalan sosial serta kerinduan akan keadilan, kebahagiaan, kesempurnaan.
Secara garis besar, faktor-faktor yang mendorong lahirnya Sosialisme:
1.      Karena adanya revolusi Industri.
2.      Karena bangkitnya kaum borjuis (majikan) dan kaum proletariat (buruh).
3.      Munculnya pemikiran-pemikiran baru yang lebih terpelajar, dan lebih rasional terhadap kehidupanmanusia & masyarakatnya.
4.      Adanya tuntutan-tuntutan berlakunya demokrasi dari hasil revolusi Perancis.
Perkembangan dan upaya semua pengejaran terhadap kekayaan pribadi dianggap oleh mazhab Sosialisme sebagai akar ketidak adilan diantara manusia, dan sebagai penyebab keruntuhan moral serta buruknya orde masyarakat. Oleh sebab itu, penghapusan atas hak-hak milik swasta atau pun pengawasan terhadap manifestasinya yang tidak diinginkan adalah merupakan ajaran pokok Sosialisme.
Para tokoh pemikir Sosialisme menyatakan bahwa sesungguhnya kaum buruh (tenaga kerja) adalah sumber dari seluruh kekayaan, oleh sebab itu kaum pekerja seharusnya mendapatkan seluruhhasil usahanya.
Sosialisme juga mempertahankan bahwa karena produksi adalah usaha kolektif, dibawahsistem pabrik industri, maka kepemilikan berbagai rupa alat-alat produksi harus pula secara kolektif.

Beberapa kesamaan dari pandangan kaum sosialis diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Semua kaum sosialis tidak mengakui gagasan mazhab klasik mengenai harmoni kepentingan (harmony of interest). Sebaliknya, mereka memandang masyarakat yang tersusun oleh kelas-kelas yang berbeda yang kepentingannya saling bertentangan.
2.      Akibat dari pandangan pertama, kaum sosialis menentang konsep laissez-faire, laissez passer yang berasal dari mazhab fisiokrat dan kemudian dikembangkan oleh mazhab klasik, kecuali kaum anarkis kaum sosialis yang lainnya menganggap negara memiliki potensi untuk menjadi wakil progresif dari kepentingan kelas buruh.
3.      Kaum sosialis menolak hukum pasar (lois des debouches) dari Jean Baptiste Say yang menyatakan bahwa penawaran menciptakan permintaannya sendiri sehingga krisis jangka pendek tidak mungkin terjadi). Kaum sosialis menganggap kapitalisme sebagai pembawa baik krisis periodik maupun stagnasi umum.
4.      Kaum sosialis menyangkal menyangkal konsep humanitas yang menjadi dasar mazhab klasik yakni keyakinan akan kesempurnaan manusia. Kapitalisme menjadikan manusia lebih mementingkan kepentingan diri sendiri melalui pencarian laba dan penumpukkan kekayaan.
5.      Kaum sosialis membela tindakan kolektif dan kepemilikan umum atas perusahaan oleh pemerintah pusat atau pemerintahan lokal atau koperasi dengan tujuan untuk memperbaiki bangsa.
6.      Tidak semua kaum sosialis sependapat bahwa negara merupakan pengatur kegiatan ekonomi yang utama, masih ada juga kaum sosialis yang menganggap bahwa mekanisme pasar masih sangat dibutuhkan untuk melakukan efisien.
Walaupun pengertian tentang sosialisme beragam, dapat dikatakan bahwa pandangan dari tiap aliran didasarkan pada aliran Marx dan Engels. Semua aliran Marxisme intinya melihat, mempertanyakan dan membahas mengapa dan bagaimana pola produksi kapitalis telah mengubah formasi sosial-ekonomi masyarakat pra kapitalis. Namun, yang terjadi justru adalah proses pemiskinan (pauperization), proses penyengsaraan (immiserization), keadaan keterbelakangan (under development) serta makin banyak dan berkembangnya jumlah “tentara cadangan industry” (indusrial reserve army), dan bukannya proses pembangunan (development) atau kemajuan (progress). Teori terkenal gagasan kunci Marx adalah bahwa masyarakat berada dalam proses evolusi dari sistem ekonomi yang tidak terlalu canggih dan tidak terlalu adil menuju suatu tujuan akhir yang ideal. Dimulai negara feodal dan bergerak menuju merkantilisme ke sistem modern kapitalisme, masyarakat secara alami akan masuk ke suatu sistem yang lebih adil, lebih utopis. Hal tersebutlah yang disebut komunisme. Inti dari teori Marx adalah teori nilai tenaga kerja. Gagasan yang ditulis dalam Das Kapital (1867) tersebut menyatakan bahwa harga suatu komoditi senilai dengan waktu yang diperlukan oleh seseorang untuk membuatnya.
Aliran sosialisme sebelum Marx (yang lebih bersifat utopis) sering dimasukan kedalam “sosialis”, sedangkan sosialisme yang digolongkan Marx termasuk kedalam “komunis” atau sering disebut Marxisme. Namun, paham ini terus berkembang menjadi berbagai jenis marxisme seperti marxisme ortodoks, neo marxis, human marxis, aliran kiri baru (New Left), sosialis independen, dan lain sebagainya.
1.      Sosialisme utopian
Sosialisme utopian berkembang sejak sekitar tahun 1800-an, dengan tokoh-tokohnya Henri Comte de Saint-Simon (1760-1825) dengan bukunya Nouveau Christianisme (1825), Charles Fourier yang menulis Nouveau Monde Industriel et sociétaire (1829), Robert Owen yang menulis A New View on Society, or Essays on the Formation of the Human  Character (1813), dan Louis Blanc yang menulis Organisation du travail (1893).
Seorang penulis roman utopis bernama Thomas More membayangkan adanya sebuah pulau yang diberi nama Utopia dimana tidak ada hak milik pribadi, semua milik komunal dan hari kerja ditetapkan sampai jam enam sore. Laki-laki maupun perempuan berkewajiban untuk bekerja, ia menyarankan untuk wajib belajar bagi laki-kaki dan perempuan serta kebebasan beragama.
Seorang filosof Inggris yang berpikir tentang masyarakat yang paripurna yaitu Francis Bacon (1561-1626) dalam Nova Atlantis (1623) menjelaskan bahwa masyarakat idaman adalah masyarakat yang telah dilenyapkan dari kebodohan, prasangka buruk. Ia berpendapat bahwa manusia itu akan bebas jika menemukan kebenaran. Pada tahun yang sama seorang biarawan Italia Thomas Campanella (1568-1639) berpendapat bahwa keluarga bukanlah dasar yang baik untuk pendidikan, karena pendidikan haruslah dilakukan oleh negara setelah anak berusia 3 tahun. Menurutnya, apabila segala sesuatu adalah milik bersama maka dengan bekerja 4 jam sudah dapat mencukupi kebutuhan hidup sejalan dengan pemikiran Vairassae d’Allais dalam bukunya Histoire des Sevarambes (1680) bahwa tanah dan semua milik lainnya adalah milik negara. Sedangkan Abbe Morelly dalam bukunya Code de la Nature (1755) menganggap bahwa milik perseorangan adalah sumber ketidakadilan social. Hal ini didukung oleh pengikut komunisme Grancchus Babeuf (1760-1797).
Menurut James Harrington (1611-1677), apabila tanah milik satu orang disebut monarki, apabila tanah terbagi-bagi diantara beberapa orang disebut aristokrasi sedangkan apabila tanah dimiliki oleh setiap orang disebut demokrasi. Ia menyusun desain negara yang demokratis. Seorang utopis John Beller (1654-1725) dalam bukunya Proposals for Raising a College of Industry of All Useful Trades and Husbandry (1696)menjelaskan konsep koloni dengan mengumpulkan orang yang ingin bekerjasama dari mulai pemodalan, tujuan sampai pembagian hasil untuk bersama. Hal ini sama halya dengan pemikiran Robert owen dalam pendirian koperasi pertama yaitu Rochdale.
Pada umumnya pemikiran sosialis utopian menganggap ekonomi pasar kompetitif itu tidak adil dan tidak rasional. Mereka mencoba konsep pengaturan social sempurna. Mereka menawarkan dan mengajarkan kebersamaan universal (universal togetherness), bukan perjuangan kelas (class struggle) dan mengharapkan kaum kapitalis untuk bekerjasama untuk pengimplementasian gagasannya.
2.      Sosialisme Negara
Sosialisme negara (state socialism) meliputi gagasan mengenai pemilikan pemerintah dan pelaksanaan seluruh sector dengan tujuan untuk mencapai sasaran masyarakat keseluruhan. Sosialis negara menganggap negara sebagai kekuatan yang adil sehingga mampu menguntungkan kaum buruh, negara dapat mengambil alih perusahaan-perusahaan yang memonopoli masyarakat sehingga dapat membantu perkembangan perekonomian melalui pemberian subsidi kepada koperasi-koperasi.
Louis Blanc dalam bukunya Organisation du Travail (1839) menyebutkan bahwa konflik merupakan buah dari persaingan yang korbannya adalah masyarakat yang lemah. Ia memberikan saran bahwa harus adanya kebijaksanaan upah yang sama serta adanya koordinasi antara kepentingan  individual dengan kepentingan umum. Louis Blanc juga mengusulkan untuk mendirikan ateliers sociaux yang merupakan pabrik yang dikelolan oleh negara, sehingga para pekerja mendapatkan upah yang kayak. Pabrik yang digagasanya akan lebih unggul dibanding dengan pabrik swasta karena produktivitasnya lebih tinggi dan memungkinkan karyawan untuk mendapatkan insentif  dari sebagian laba.
Louis Blanc sempat mengimplementasikan gagasannya tersebut pada saat memasuki pemerintahan revolusioner Prancis, akan tetapi mengalami kegagalan karena para pekerja dipaksa untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak produktif.
3.      Sosialisme Anarkis
Piere-Joseph Proudhon (1809-1865) berpendapat bahwa segala bentuk pemerintahan adalah koersif dan harus dilenyapkan. Menurutnya, segala bentuk milik pribadi adalah perampokan dan harus diganti menjadi hak milik kolektif atas modal oleh kelompok-kelompok kooperatif, pemerasan dapat dihindarkan apabila sebuah bank sirkulasi pusat memberikan kredit tanpa bunga yang akan melenyapkan segala pertentangan kelas.
Dalam bukunya System des Contradictions économiqueou Philosophie de la Misére (1846) ia mencipatakan salah satu paradoknya yaitu anarki. Baginya, tujuan negara yang bebas adalah tidak lagi dibutuhkannya pemerintah. Bentuk pemerintahan tertinggi adalah harmoni anarki dan ketertiban. Sifat manusia pada dasarnya baik jika tidak ada korupsi yang dilakukan oleh negara dan lembaganya. Proudhon mungkin adalah orang yang menganggap anarki tidak sebagai tingkatan revolusioner, namun sebagai bentuk organisasi social tertinggi.

D.    Kritik Atas Sosialisme Utopis
’Sosialisme modern,’ kata Engels, ’pada pokoknya, adalah produk langsung dari pengenalan atas, di satu sisi, antagonisme kelas yang ada dalam masyarakat sekarang, antara kaum berpunya dan tak berpunya, antara kapitalis dan pekerja-upahan; di sisi lain, atas anarki yang ada dalam produksi. Sosialisme modern, dengan demikian, adalah suatu produk sosial-historis. Ia bukanlah gagasan yang begitu saja ada tanpa ada situasi sosial yang mengondisikannya. Akar sosialnya terletak di ranah ekonomi dan perjuangan antara kelas pekerja dengan kaum berpunya. Namun demikian, sama seperti gagasan baru lainnya, Sosialisme modern, pada awalnya harus menghubungkan dirinya dengan bahan-bahan intelektual yang tersedia baginya, terlepas dari seberapa dalam akarnya terletak pada fakta-fakta ekonomi material.
Diskursus sosialis sebenarnya sudah muncul sejak lama. Pada saat perjuangan kaum borjuis melawan para bangsawan feodal, diskursus sosialis juga bertumbuhan. Meskipun ketika itu, para pekerja yang belum menjadi proletariat modern berada di bawah ’kepemimpinan’ kaum borjuis, tetapi terdapat momen-momen dimana gerakan mereka muncul secara independen. Misalnya, kaum Anabaptis, sebuah kelompok Protestan Radikal yang muncul pada masa Reformasi di abad ke-16 dan menyerukan kepemilikan bersama atas kekayaan. Kemudian, kaum Digger dan True Leveller yang muncul pada masa Revolusi Inggris di tahun 1640-an, dan berusaha menerapkan kepemilikan bersama atas tanah. Seiring dengan munculnya gerakan-gerakan ini, tumbuh pula diskursus sosialis dan gambaran utopis tentang kondisi sosial yang ideal.
Tiga tokoh besar sosialis utopis yang menjadi fokus kritik Engels di pamflet ini, Saint Simon, Charles Fourier dan Robert Owen, hidup pada masa setelah kaum borjuis memenangkan pertarungannya dari para bangsawan feodal melalui revolusi demokratik di Eropa, terutama Revolusi Perancis. Mereka terpengaruh oleh bahan-bahan intelektual dari masa Revolusi Perancis yang menganggap Nalar (Reason) sebagai ukuran dari segalanya. Padahal, ’kerajaan nalar’ itu tidak lain adalah ’kerajaan borjuis’ yang diidealisasi. Sama seperti para pemikir di masa Revolusi Perancis, yang menganggap feodalisme sebagai irasional, ketiga tokoh sosialis utopis di atas juga melihat berbagai macam problem sosial dan penindasan di ’dunia borjuis’ yang baru sebagai irasional. Karenanya, mereka ingin membawa ’kerajaan nalar’ dan keadilan abadi ke dunia.
Namun, ketiganya hidup di masa ketika kapitalisme dan antagonisme kelas borjuis dengan proletariat belum berkembang penuh. Industri modern baru muncul di Inggris dan belum dikenal di Perancis. Kelas proletariat yang saat itu baru muncul juga belum memperlihatkan kapasitasnya untuk berpolitik secara mandiri. Artinya, ketiga tokoh sosialis utopis itu hidup di masa ketika solusi bagi berbagai problem sosial dan kontradiksi kapitalisme belum tersedia. Tetapi, karena pengaruh diskursus sebelumnya yang mengglorifikasi nalar, mereka menganggap bahwa perbaikan masyarakat bisa dilakukan dengan nalar. Karenanya, mereka berusaha ’menemukan sebuah sistem tatanan sosial yang baru dan lebih sempurna, serta memaksakannya ke masyarakat dari luar dengan propaganda, dan jika memungkinkan, dengan contoh dari eksperimen model-model komunitas.
Sekarang, mari kita lihat pemikiran mereka. Pemikir yang pertama, Saint-Simon, adalah anak kandung Revolusi Perancis. Ia berhasil menangkap adanya fakta perjuangan kelas dalam masyarakat. Namun, karena kelas proletariat pada saat itu belum berkembang penuh, ia melihat pertentangan kelas yang terjadi adalah antara ’pekerja’ dengan ’pemalas’ (idlers). Di sini, yang ia sebut sebagai ’pekerja’ bukan hanya buruh, tetapi juga pengusaha, pedagang dan bankir; sementara ’pemalas’ adalah kaum feodal yang memiliki privilese, tetapi tidak terlibat dalam produksi dan distribusi. Saint-Simon juga trauma dengan pengalaman pemerintahan sayap-kiri Jacobin yang melakukan ‘teror’ pada masa Revolusi Perancis, sehingga ia menganggap bahwa kelas-kelas yang tidak berpunya yang direpresentasikan oleh pemerintahan Jacobin—tidak memiliki kapasitas memimpin. Ia lalu merumuskan sebuah ekonomi sosialis yang dipimpin oleh sains dan industri, yang personifikasinya adalah ilmuwan dan kaum borjuis. Ia berharap kaum borjuis bisa mentransformasikan diri mereka menjadi semacam pejabat publik yang baik atau wali amanat masyarakat.
Pemikir yang kedua, Charles Fourier, melontarkan kritik terhadap masyarakat borjuis dengan membandingkan kesengsaraan yang ada dengan janji-janji indah para ideolog borjuis di masa sebelum Revolusi Perancis, tentang masyarakat yang didominasi oleh nalar, sebuah peradaban dimana kebahagiaan menjadi universal. Ia juga mengritik relasi antar-jenis kelamin serta posisi perempuan dalam masyarakat borjuis. ’Ia adalah orang pertama yang menyatakan bahwa dalam masyarakat apapun, tingkat emansipasi perempuan adalah ukuran alamiah dari emansipasi secara umum. Fourier juga sudah menggunakan metode dialektika dan memiliki konsepsi tentang sejarah masyarakat yang bergerak dengan kontradiksi. Dalam kata-kata Engels, ’Fourier, seperti yang kita lihat, menggunakan metode dialektika dengan tingkat keahlian yang sama seperti Hegel yang hidup semasa dengannya.’
Pemikir yang ketiga, Robert Owen, yang sekarang dikenal sebagai Bapak Koperasi Dunia, berasal dari Wales dan hidup di masa Revolusi Industri di Inggris. Hal ini membuatnya bisa melihat potensi emansipatif dari peningkatan produktivitas akibat perkembangan kekuatan-kekuatan produktif. Owen juga merupakan seorang pengusaha, sehingga ia memiliki pengetahuan praktis yang memadai tentang industri. Ia menjadi managing partner dari sebuah pabrik kapas di New Lanark, Sktolandia, pada 1800-1829. Selama periode ini, ia berhasil mengubah situasi di daerah yang berpenduduk 2.500 orang itu. Jam kerja yang saat itu masih 13-14 jam, dikuranginya menjadi 10,5 jam. Kemudian, di saat krisis kapas membuat pabriknya berhenti beroperasi selama 4 bulan, buruh-buruhnya tetap menerima upah penuh. Ia juga membangun sekolah balita di New Lanark. Dan ini semua tidak berpengaruh pada keuntungan pabriknya. Pabriknya tetap memperoleh untung besar.
Sekalipun sukses, ia tetap tidak puas. Ia melihat bahwa para buruhnya tetap menjadi budak yang berada di bawah belas kasihannya. Ia juga merefleksikan kenyataan bahwa 2.500 penduduk di New Lanark mampu memproduksi kekayaan yang sama banyaknya dengan kekayaan yang diproduksi oleh 600.000 orang satu setengah abad sebelumnya. Masalahnya, sebagian besar kekayaan ini jatuh ke tangan si pemilik pabrik. Apa yang kemudian berusaha dilakukan Owen adalah merekonstruksi sebuah masyarakat di mana kekayaan yang berlimpah ini bisa menjadi milik publik, untuk kemaslahatan umum. Pada tahun 1823, Owen mengusulkan pembentukan koloni-koloni Komunis untuk menyelesaikan penderitaan yang dialami masyarakat Irlandia. Ia membuat sebuah rancangan praktis yang sangat rinci, dengan perkiraan ongkos pendirian koloni-koloni itu, pengeluaran tahunannya dan pendapatan yang mungkin didapat. Ia juga mulai menyerang kepemilikan pribadi dan melakukan eksperimen-eksperimen pendirian koloni Komunis, seperti yang dilakukannya di Amerika.
Namun, kali ini eksperimennya berujung gagal dan ia kehilangan posisi sosial yang dimilikinya. Kalau sebelumnya Owen adalah orang terpandang di masyarakat dan pendapat-pendapatnya menjadi rujukan para negarawan serta bangsawan, maka setelah menjadi ’komunis,’ mereka mengucilkannya. Ia juga jatuh miskin, karena mengorbankan nyaris seluruh kekayaannya untuk melakukan eksperimen koloni komunis yang gagal di Amerika. Tetapi, Owen tak patah arang. Kali ini ia beralih ke kelas pekerja. Di sana, ia disambut dengan suka cita. Ia menjadi ketua Serikat Buruh Inggris dan Irlandia yang Terkonsolidasi Secara Nasional dan Besar, melalui kongres yang diikuti serikat-serikat buruh dan komunitas-komunitas koperasi pada Oktober 1833 di London. Ia mengusulkan agar serikat ini mengambil alih manajemen produksi dan mengorganisirnya dalam bentuk koperasi. Ia juga menggagas Bazar Pertukaran Kerja yang Setara untuk pertukaran produk kerja, dengan alat tukarnya berupa labor-notes yang satu unitnya adalah satu jam kerja. Dengan cara ini, Owen berharap transformasi masyarakat bisa dijalankan dengan cara damai. Tetapi, ia keliru. Para pengusaha dan negara menentang keras Owen dan serikatnya. Pada Agustus 1834, serikat yang dipimpin Owen ini pun terlikuidasi.
Gagasan para tokoh sosialis utopis itu mendominasi pemikiran sosialis pada abad kesembilan belas. Seperti yang telah dinyatakan di atas, pemikiran mereka muncul ketika solusi bagi berbagai problem sosial dan kontradiksi kapitalisme belum tersedia. Gagasan dan eksperimen mereka mengalami kegagalan, karena prasyarat material untuk mewujudkan tatanan sosial yang mereka gagas belum terpenuhi. Mereka juga menganggap sosialisme sebagai ekspresi dari keadilan, nalar dan kebenaran absolut, yang terlepas dari sejarah. Yang diperlukan hanyalah menemukannya dan menerapkannya ke dunia. Pendekatan mereka, dengan demikian, bersifat ‘idealistik’ dan hasilnya adalah utopia. Bagi Engels, untuk bisa diwujudkan, sosialisme harus dijadikan ilmu pengetahuan: sosialisme ilmiah! Itu berarti menemukan kemungkinan untuk mewujudkan sosialisme pada kenyataan riil yang berlaku, yakni kenyataan kapitalisme.

E.     Dialektika dan Materialisme Historis
Untuk bisa menemukan kemungkinan mewujudkan sosialisme pada kenyataan kapitalisme, diperlukan analisa atas kontradiksi internal kapitalisme dan kemungkinan pelampauannya. Analisa ini, pada gilirannya, hanya dimungkinkan dengan penemuan dialektika dan konsepsi materialis tentang sejarah. Metode penalaran dialektis sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Filsafat Yunani kuno lebih melihat dunia secara keseluruhan, sebagai suatu totalitas, sementara bagian-bagiannya tidak begitu dilihat. Karenanya, mereka tidak lagi melihat hal-hal yang bergerak, berubah, menyatu dan berkaitan, tetapi justru melihat pergerakan, perubahan, transisi dan keterhubungan itu sendiri. Segalanya, dengan demikian, terlihat cair, terus-menerus berubah, X bisa menjadi X dan bukan X. Ini adalah dialektika dalam bentuknya yang primitif dan naif.
Meski pandangan ini mengekspresikan karakter umum dari hal-ihwal sebagai sebuah totalitas, tetapi ia tidak memadai untuk menjelaskan komponen-komponen dari hal-ihwal tersebut secara rinci. Dan tanpa penjelasan ini, kita tidak akan memiliki pemahaman yang jernih tentang hal-ihwal tersebut sebagai sebuah totalitas. Karenanya, ilmu alam dan sejarah kemudian melepaskan komponen-komponen itu dari koneksi alamiah atau historis mereka, dan mengamatinya secara terpisah, wataknya, sebab-akibat khususnya, dan sebagainya. Hal ini berjalan ratusan tahun, sehingga metode kerja ini mewariskan kebiasaan untuk melihat suatu objek dan proses terlepas dari totalitasnya, sebagai sesuatu yang statis dan konstan. Ketika cara pandang ini ditransfer oleh Bacon dan Locke dari ilmu alam ke filsafat, muncullah cara pandang metafisika yang sempit.
Di sini, Engels membedakan antara pandangan dialektika dan metafisika. Bagi pandangan metafisika, hal-ihwal dan gagasan yang merefleksikan hal-ihwal tersebut, dianggap terpisah satu sama lain serta bersifat statis dan konstan, tidak berawal dan tidak berakhir. Pandangan metafisika, dengan demikian, berpikir dengan kerangka antitesa yang tak bisa dipecahkan, dimana X pasti akan selalu menjadi X yang berbeda dengan non-X dan tidak bisa berubah menjadi non-X. Positif dan negatif saling mengeksklusi satu sama lain secara absolut. Pandangan ini juga sulit berpikir tentang gerak dan ’transisi.’ Meski pandangan ini bisa dipakai di sejumlah bidang, tetapi cepat atau lambat, ia akan mencapai batas-batasnya, dimana di luar itu, ia akan menjadi bersatu-sisi, restriktif, abstrak, dan terjebak dalam kontradiksi yang tak bisa dipecahkan.
Sebaliknya, pandangan dialektika melihat bahwa hal-ihwal dan gagasan yang merefleksikan hal-ihwal tersebut, terkait satu sama lain, merupakan bagian dari suatu totalitas, memiliki awal dan akhir, serta mengalami perubahan. Dalam proses perubahan atau transisi, X masih bisa merupakan X, tetapi sekaligus juga sudah menjadi non-X. Dalam pandangan dialektika, dua kutub antitesis, positif dan negatif, sekalipun berkontradiksi, tetapi juga bisa saling mempenetrasi atau saling mensyaratkan―biasa disebut juga sebagai ’relasi internal.’ Misalnya, kapital dan kerja-upahan saling berkontradiksi, tetapi juga saling mensyaratkan.
Penalaran dialektis, yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, digunakan lagi oleh filsafat Jerman yang muncul di abad ke-18 dan berpuncak pada Hegel. Namun, Hegel adalah seorang idealis. Baginya, gagasan bukan cerminan dari kenyataan dan proses riil, tetapi sebaliknya, kenyataan dan perkembangannya adalah perwujudan dari ’Ide’ yang sudah ada sejak dulu. Akibatnya, sistem dialektika Hegelian terjatuh ke dalam kontradiksi yang tak bisa dipecahkan. Di satu sisi, ia memiliki proposisi pokok bahwa sejarah manusia merupakan sebuah proses perkembangan, yang karena wataknya, tidak bisa mencapai finalitas dalam sebuah ’kebenaran absolut,’ tetapi di sisi lain, ia mengklaim pemikirannya sebagai esensi dari kebenaran absolut itu. Dialektika, walau bagaimanapun, harus memberi ruang bagi perkembangan pengetahuan dan tidak bisa menutupnya.
Kontradiksi yang ada dalam idealisme Jerman, membawa kita kembali ke ’materialisme modern’ yang pada dasarnya sudah dialektis, karena merupakan refleksi dari alam yang juga dialektis. Engels optimis bahwa jika tiap cabang ilmu memperjelas posisinya dalam totalitas hal-ihwal, maka suatu ilmu khusus tentang totalitas, yakni filsafat, tidak lagi diperlukan. Apa yang tersisa dari filsafat hanyalah ilmu tentang pikiran dan hukum-hukumnya, yaitu logika formal dan dialektika. Sementara itu, terkait dengan konsepsi sejarah, fakta-fakta yang ada menunjukkan bahwa semua sejarah―dengan pengecualian fase primitif―adalah sejarah perjuangan kelas. Dan kelas-kelas yang bertarung merupakan hasil dari cara produksi dan pertukaran yang berlaku. Struktur ekonomi adalah basis yang mengondisikan keseluruhan suprastruktur hukum, politik, agama, filsafat dan berbagai gagasan manusia. Gagasan manusia dikondisikan oleh keberadaannya, dan bukan keberadaan manusia yang dikondisikan oleh gagasannya. Inilah konsepsi materialis tentang sejarah.
Sejak adanya konsepsi materialis tentang sejarah, sosialisme tidak lagi dianggap hanya sebagai temuan pikiran, tetapi merupakan hasil dari perjuangan kelas proletariat dengan borjuis. Tugas sosialisme, dengan demikian, bukan merumuskan sebuah sistem kemasyarakatan yang sesempurna mungkin, tetapi mengamati kondisi sosial-historis yang memunculkan kelas-kelas tersebut beserta antagonisme mereka, dan menemukan dalam kondisi ekonomi masyarakat, solusi untuk mengakhiri antagonisme tersebut.

F.     Kontradiksi Internal Kapitalisme dan Sosialisme Ilmiah
Dalam konsepsi materialis tentang sejarah, sebab utama dari perubahan sosial dan revolusi politik bukanlah gagasan manusia tentang kebenaran dan keadilan, tetapi perubahan pada cara produksi dan pertukaran. Tumbuhnya persepsi bahwa organisasi sosial yang berlaku itu tidak adil, irasional dan salah, merupakan tanda dari adanya perubahan secara diam-diam di cara produksi dan pertukaran, yang membuatnya berkontradiksi dengan organisasi sosial yang berlaku. Cara-cara untuk menghilangkan kontradiksi inipun ada dalam cara produksi yang berubah itu. Karenanya, cara-cara ini tidak bisa dirumuskan dengan deduksi dari prinsip-prinsip dasar tertentu, tetapi harus ditemukan dalam sistem produksi yang berlaku. Sosialisme, dengan demikian, merupakan ’refleksi ideal’ dari kontradiksi internal kapitalisme di pikiran kelas yang paling tertindas di bawah kapitalisme, yaitu kelas pekerja.
Pada saat cara produksi kapitalis muncul, ia berkontradiksi dengan organisasi sosial feodal, seperti sistem privilese dan ikatan keturunan. Kaum borjuis menghancurkan sistem feodal ini dan membangun organisasi sosial kapitalis, seperti persaingan bebas, kebebasan individu, dan sebagainya. Adapun peran historis kapitalisme adalah mengonsentrasikan alat-alat produksi yang sebelumnya tersebar, dan menjadikannya kekuatan produktif yang besar. Sebelum kapitalisme muncul, ’industri’ yang ada hanya berupa bengkel-bengkel berskala kecil, seperti pandai besi desa, yang pekerjanya hanya si pandai besi dengan beberapa orang asistennya. Di antara bengkel-bengkel ini, ada yang saling berjaringan, dengan satu-dua orang pedagang sebagai koordinator atau perantara sekaligus penyedia bahan baku. Alat-alat produksinya pun sederhana dan bersifat individual, satu alat hanya bisa digunakan oleh satu orang pekerja. Lalu, muncul kapitalisme yang mengonsentrasikan alat-alat produksi yang tersebar ini di bawah kepemilikan pribadi segelintir orang yang menjadi kelas borjuis.
Untuk mengubah alat-alat produksi ini menjadi kekuatan produktif yang besar, kelas borjuis harus mengubah alat-alat produksi individual ini menjadi alat-alat produksi yang berwatak sosial. Muncul mesin-mesin yang hanya bisa dioperasikan oleh sekelompok orang, tidak bisa lagi hanya oleh satu-dua orang. Produksi pun tidak lagi dilakukan di bengkel-bengkel kecil, tetapi di pabrik-pabrik dengan jumlah pekerja yang banyak dan pembagian kerja yang terencana. Apa yang kemudian terbentuk di sini adalah produksi yang tersosialisasi. Sebuah produk tidak lagi bisa dikatakan sebagai hasil kerja individual, karena merupakan hasil kerja bersama. Implikasi dari produksi yang tersosialisasi dan termekanisasi ini adalah meningkatnya produktivitas dan dimungkinkannya produksi berskala massal. Namun, karena yang memiliki alat-alat produksi adalah kelas borjuis, hasil dari kerja bersama ini tetap merupakan milik kelas borjuis. Di sini, kita dapatkan kontradiksi pokok dari kapitalisme, yaitu kontradiksi antara produksi yang tersosialisasi dengan modus apropriasi kapitalis.
Kemudian, implikasi dari konsentrasi alat-alat produksi di tangan segelintir kelas borjuis adalah bahwa sebagian besar anggota masyarakat menjadi tidak memiliki alat-alat produksi. Akibatnya, untuk bertahan hidup, mereka harus menjual tenaga kerja mereka kepada kelas kapitalis. Mereka inilah yang menjadi pekerja-upahan atau proletariat modern. Konsentrasi alat-alat produksi ini terjadi, misalnya, melalui penghancuran sistem feodal, yang salah satu akibatnya adalah pengusiran petani dari tanah-tanah tempat mereka bekerja sebelumnya. Para produsen komoditi kecil pun tersapu oleh produksi kapitalis melalui persaingan, sehingga mereka juga kehilangan alat-alat produksi mereka. Para kapitalis memang membutuhkan pekerja-upahan untuk menjalankan produksi mereka, dan mereka mendapatkan pekerja-upahan melalui proses ini. Dengan demikian, kontradiksi antara produksi yang tersosialisasi dengan modus apropriasi kapitalis mengemuka dalam kontradiksi antara kelas proletariat dengan borjuis.
Produksi kapitalis juga merupakan produksi komoditi. Artinya, hasil produksi mereka harus dijual di pasar. Di sini, kita temukan kontradiksi lain dari kapitalisme. Kalau di tingkat unit produksi atau perusahaan, terdapat produksi yang terorganisir dan terencana, maka di tingkat masyarakat, berbagai unit produksi yang ada diikat oleh pasar yang penuh dengan persaingan dan anarkis. Jadi, terdapat kontradiksi antara organisasi produksi dalam unit-unit produksi individual dengan persaingan antar unit produksi di tingkat masyarakat secara keseluruhan. Karena tekanan persaingan, tiap individu borjuis harus selalu berupaya menjual komoditinya dengan harga lebih murah dari para pesaingnya. Cara yang mereka tempuh adalah dengan meningkatkan produktivitas melalui mekanisasi agar mereka bisa memproduksi lebih banyak komoditi dengan ongkos produksi lebih murah per satu unit komoditi.
Implikasi dari hal ini adalah mulai digantikannya tenaga manusia dengan mesin, yang berakibat pada bertambahnya pengangguran. Upah juga menjadi semakin murah, karena supply pekerja-upahan yang semakin banyak tidak sebanding dengan permintaan industri. Pendapatan dan daya beli masyarakat pun menurun, sehingga pasar menyusut. Pada akhirnya, pasar yang ada tidak mampu lagi menyerap komoditi yang semakin melimpah, sehingga terjadilah krisis overproduksi. ’Cara produksi yang ada sedang memberontak terhadap cara pertukaran yang berlaku, ungkap Engels. Krisis merupakan momen dimana kekuatan-kekuatan produktif yang ada menegaskan karakter sosialnya dan ketidaksesuaiannya dengan cara produksi kapitalis, serta ketidakmampuan kelas borjuis untuk mengelola kekuatan-kekuatan produktif yang sudah demikian besar.
Solusi dari krisis cuma satu: mengakui secara praktis watak sosial dari kekuatan-kekuatan produktif yang ada, dan mengharmonisasi cara produksi, apropriasi dan pertukaran dengan karakter sosial dari alat-alat produksi yang ada. ’Dan ini hanya bisa dilakukan oleh masyarakat yang secara langsung dan terbuka mengambilalih kepemilikan atas kekuatan-kekuatan produktif yang telah tumbuh di luar kontrol siapapun, kecuali masyarakat secara keseluruhan itu sendiri. Dengan cara ini, anarki produksi akan diganti dengan regulasi produksi berbasis kebutuhan masyarakat dan tiap individu. Modus apropriasi kapitalis akan diganti dengan kombinasi antara modus apropriasi sosial secara langsung sebagai cara untuk memelihara dan memperluas produksi, dan modus apropriasi individual secara langsung sebagai alat subsistensi dan pemuasan kebutuhan.
Lapisan sosial yang sanggup menuntaskan revolusi di atas adalah kelas proletariat. Pasalnya, hanya kelas inilah yang berkontradiksi sekaligus memiliki relasi saling mensyaratkan dengan kapital. Kapital tidak bisa hidup tanpa penghisapan proletariat dan proletariat akan berhenti menjadi proletariat ketika kapital tidak ada. Kecenderungan kapitalisme untuk mendorong perpindahan kepemilikan alat-alat produksi dari swasta ke Negara di saat krisis, juga menunjukkan cara untuk menuntaskan revolusi ini, yakni dengan pengambilalihan kekuasaan politik oleh kaum proletariat dan peletakan kepemilikan alat-alat produksi di bawah Negara. Dengan menghancurkan kapital yang menjadi syarat keberadaan dirinya, proletariat juga menghapuskan kelasnya sendiri sebagai proletariat, dan dengan demikian, menghapuskan perbedaan dan antagonisme kelas serta menghapuskan Negara sebagai alat dari kelas yang berkuasa. ’Pemerintahan atas orang-orang akan diganti dengan tata laksana hal-hal yang diarahkan oleh proses produksi.
Gagasan tentang kepemilikan alat-alat produksi oleh masyarakat hanya mungkin diwujudkan jika kondisi riil untuk mewujudkannya memang sudah ada. Selama kerja sosial secara total hanya menghasilkan produk yang sedikit berlebih dari yang diperlukan oleh semua orang untuk bertahan hidup, dan selama kerja yang diperlukan memakan seluruh atau hampir seluruh waktu sebagian besar anggota masyarakat, maka selama itu masyarakat berkelas akan terus ada. Hanya jika kekuatan-kekuatan produktif yang ada sudah memadai, maka perwujudan sosialisme menjadi mungkin. Dan sekarang, untuk pertama kalinya dalam sejarah, kemungkinan itu ada. Yang diperlukan saat ini adalah memberikan kelas proletariat pengetahuan akan kemungkinan ini dan tugas sejarahnya sebagai subyek revolusioner. Inilah tugas dari ekspresi teoritik gerakan proletariat: sosialisme ilmiah!

G.    Tokoh-tokoh Pemikir Mazhab Sosialis
1.      Thomas Hodgskin
Nama                     : Thomas Hodgskin
Tempat, tgl, Lahir : Chatham, 12 Desember 1787
Meninggal             : Feltham, britania raya, 21 Agustus 1869
Dipengaruhi    : John Locke, Jean-Baptiste Say dan Adam Smith

Thomas Hodgskin adalah seorang penulis sosialis Inggris mengenai ekonomi politik, kritik kapitalisme dan pembela perdagangan bebas dan serikat pekerja awal. Pada akhir abad 19 dan awal abad ke 20, istilah "sosialis" termasuk lawan kapitalisme, yang dianggap sebagai sistem politik yang dibangun atas hak istimewa bagi pemilik modal.
Lahir dari seorang ayah yang bekerja di Chatham Naval Dockyard, Hodgskin bergabung dengan angkatan laut pada usia 12 tahun. Dia bangkit dengan cepat di tahun-tahun perjuangan angkatan laut dengan Prancis berpangkat letnan pertama. Setelah kekalahan angkatan laut Prancis, peluang untuk kemajuan ditutup dan Hodgskin semakin mengalami masalah disipliner dengan atasannya, yang akhirnya memimpin ke pengadilan bela diri dan pemecatannya pada tahun 1812. Hal ini mendorong buku pertamanya, An Essay on Naval Discipline (1813), sebuah kritik pedas terhadap rezim otoriter brutal lalu saat ini di angkatan laut.
Memasuki Universitas Edinburgh untuk belajar, dia kemudian datang ke London pada tahun 1815 dan memasuki lingkaran utilitarian di sekitar Francis Place, Jeremy Bentham dan James Mill . Dengan dukungan mereka, dia menghabiskan lima tahun ke depan dalam sebuah program perjalanan dan belajar di seluruh Eropa yang menghasilkan, antara lain, dalam buku kedua, Travels in North Germany (1820).
Setelah 3 tahun di Edinburgh, Hodgskin kembali ke London pada tahun 1823 sebagai seorang jurnalis. Dipengaruhi oleh Jean-Baptiste Say antara lain, pandangannya tentang ekonomi politik telah menyimpang dari ortodoksi utilitarian David Ricardo dan James Mill . Selama kontroversi seputar tindakan parlementer untuk pertama kali melegalkan dan kemudian melarang "kombinasi" pekerja, Mill dan Ricardo telah mendukung larangan tersebut sementara Hodgskin mendukung hak untuk berorganisasi. Dia menggunakan teori nilai kerja Ricardo untuk mengecam penggunaan sebagian besar nilai yang dihasilkan oleh buruh pekerja industri sebagai tidak sah. Dia mengemukakan pandangan-pandangan ini dalam serangkaian ceramah di London Mechanics Institute (kemudian berganti nama menjadi Birkbeck, University of London ) di mana dia berdebat dengan William Thompson , yang dengannya dia berbagi kritik atas pengambilalihan kapitalis namun bukan obat yang diajukan. Hasil ceramah dan perdebatan yang dia terbitkan sebagai "Buruh Dibela terhadap Klaim Modal" (1825), "Ekonomi Politik Populer" (1827) dan "Hak Alam dan Buatan untuk Kontrensi Properti" (1832). Judul "Buruh Dibela" adalah sebuah gairah pada "Commerce Defended" James Mill sebelumnya dan memberi tanda pada penentangannya terhadap pihak kedua yang berpihak pada kapitalis melawan karyawan mereka.
Meskipun kritiknya terhadap penggunaan Pengusaha atas bagian terbesar dari nilai yang dihasilkan oleh karyawan mereka terus mempengaruhi generasi sosialis berikutnya, termasuk Karl Marx , keyakinan deist fundamental Hodgskin mengidentifikasi produksi dan pertukaran berdasarkan teori nilai tenaga kerja (terbebas dari yang seharusnya pengambilalihan sewenang-wenang, keuntungan, dan keuntungan pemilik) sebagai bagian dari "hak alamiah", hubungan masyarakat yang ditentukan secara ilahi, dikontraskan dengan alat buatan sumber ketidakharmonisan dan konflik. Dia menolak proto-komunisme William Thompson dan Robert Owen dengan daya tarik yang sama dengan "hak alamiah".
Pada tahun 1823, Hodgskin bergabung dengan Joseph Clinton Robertson dalam mendirikan Majalah Mekanika, dalam edisi Oktober 1823, Hodgskin dan Francis Place menulis sebuah manifesto untuk Institut Mekanika. Ini akan lebih dari sekedar sekolah teknik, tapi tempat dimana studi praktis dapat dikombinasikan dengan refleksi praktis tentang kondisi masyarakat. Pertemuan perdana untuk menemukan Institut tersebut berlangsung pada tahun 1823, namun gagasan tersebut diambil alih oleh orang-orang yang pandangannya kurang radikal mengenai pandangan ekonomi Hodgkin yang tidak ortodoks, termasuk George Birkbeck , seorang pendidik terkenal dari Glasgow.
Meskipun memiliki profil tinggi di masa revolusioner yang gelisah tahun 1820-an, dia mundur ke ranah jurnalisme Whig setelah Undang-Undang Reformasi 1832 . Dia menjadi advokat perdagangan bebas dan menghabiskan 15 tahun menulis untuk The Economist . Dia bekerja di koran dengan pendirinya, James Wilson , dan dengan Herbert Spencer muda. Hodgskin melihat runtuhnya Hukum Jagung sebagai langkah awal menuju kejatuhan pemerintahan, dan anarkisme libertariannya dianggap terlalu radikal oleh banyak kaum liberal di Liga Hukum Anti-Jagung . Dia meninggalkan The Economist pada tahun 1857, namun terus bekerja sebagai jurnalis selama sisa hidupnya.
2.      Pierre-Joseph Proudhon (Joseph Piere)
Nama                     : Pierre-Joseph Proudhon (Joseph Piere)
Tempat, tgl, Lahir : Besançon, Perancis. 15 Januari 1809
Meninggal             : 19 Januari 1865 (umur 56) di Passy, Paris, Perancis
Era                         : Filsafat abad ke-19
Aliran                    : Sosialisme, anarkisme, mutualisme
Minat utama          : Kebebasan, properti, otoritas, kemiskinan, keadilan sosial, egalitarianisme
Gagasan penting   : Properti adalah pencurian, urutan anarki, federasi ekonomi, gradualisme anarkis
Dipengaruhi          : Charles Fourier, Rousseau, G.W.F. Hegel, Hugo Grotius
Mempengaruhi      : Karl Marx, Mikhail Bakunin, Déjacque, Silvio Gesell, Georges Sorel, Benjamin Tucker, Kevin Carson

Seorang pakar ekonomi berkebangsaan Perancis dan juga seorang filosofis sosialis dan merupakan orang yang pertama kali menyebut dirinya sebagai seorang "anarkis" sekaligus salah seorang pemikir anarkis yang pertama. Proudhon terkenal dengan pernyataan kerasnya bahwa "Hak milik pribadi adalah pencurian! / Property is theft!”. Dia adalah anak seorang petani anggur. Pada mulanya dia adalah seorang otodidak karena ketidakmampuan ekonomi keluarganya membuatnya tidak mampu bersekolah, tetapi kemudian dia mendapat beasiswa untuk studi filsafat dan ekonomi di Akademi Besancon.
Pemikiran Proudhon adalah sosialis, tetapi berbeda dengan pemikir sosialis utopis sebelumnya, Proudhon lebih mengutamakan hal-hal yang bersifat praktis. Proudhon berpendapat bahwa manusia dalam hakikatnya terlahir sebagai individu yang bebas dan mempunyai hak-hak asasi tertentu. Dalam interaksinya dengan individu yang lain, individu-individu ini membentuk suatu masyarakat yang "alami" yang juga mempunyai hak-hak asasi dalam dirinya. Hak-hak inilah yang kemudian diperkosa oleh sistem ekonomi kapitalisme yang dikuasai oleh para pemilik modal.
Proudhon melawan pengaruh tradisi Jacobin yang mendominasi pemikiran demokrat-demokrat di Perancis dan kebanyakan sosialis pada saat itu, dan juga pengaruh negara dan kebijaksanaan ekonomi dalam proses alami kemajuan sosial. Proudhon mengajarkan 'anarkisme damai', sikap anti terhadap angkatan bersenjata yang merupakan alat sekaligus penguat sistem negara, sebab menurut keyakinannya masyarakat yang secara moral layak bertahan hanya boleh tergantung kepada niat-baik yang sukarela dari anggota-anggotanya.
Pada tahun 1839, ia menulis salah satu esainya yang terkenal yaitu L’Utilité de la célébration du dimanche yang berisi ide-ide revolusionernya. Pada tahun 1840 dia menulis salah satu paper work yang kemudian terkenal karena esai itu menjadi pusat perdebatannya dengan Karl Marx. Esai itu berjudul Systeme des Contadictions economiques ou La Philosophie de la Misere (System of Economical Contradictions: or, the Philosophy of Misery). Dalam bukunya ini, Proudhon mengkritik habis komunisme ala Marx. Menurutnya, komunisme tidak lebih baik daripada Kapitalisme. Komunisme mengancam martabat manusia dan mengabaikan hak-hak asasi individu dan masyarakat. Komunisme juga hanya menyebarkan kemelaratan dan kemiskinan dan membuat orang hidup seperti dalam pengasingan. Serangan Proudhon atas konsep-konsep sosialisme Marx kemudian dibalas oleh Marx dalam bukunya yang berjudul La Misere de la Philosophie (The Misery of Philosophy).
Dalam tulisan berserinya tentang hak milik yang diterbitkan dengan judul Theory of Property (1840), Proudhon membuat suatu kalimat retoris yang terkenal : What is Property ?(Apa itu Hak Milik ?) Pertanyaan itu kemudian dijawabnya sendiri yaitu "Property is Theft" (Hak Milik adalah Hasil Curian), "Property is Despotism" (Hak Milik adalah Despotisme). Proudhon bukanlah penentang hak milik, tetapi ia hanya marah melihat banyaknya hak milik yang diperoleh bukan melalui cara yang benar dan juga dengan cara tidak bekerja. Proudhon juga menganjurkan agar "property" seharusnya dibagikan secara merata kepada individu-individu, keluarga, dan asosiasi pekerja.
Proudhon pernah dipenjara karena tulisan-tulisannya yang menentang sistem ekonomi di Perancis. Pada tahun 1860 dia dipenjara lagi karena tulisannya yang mengkritik kebijakan Kaisar Napoleon III dalam hal ekonomi. Dia kemudian lari ke Belgia untuk menghindari hukuman itu, tetapi kemudian dia mendapat amnesti dan kembali ke Perancis.
3.      Karl Heinrich Marx (Karl Marx)
Nama                                 : Karl Heinrich Marx (Karl Marx)
Tempat, tanggal lahir        : Trier, Prusia, 5 Mei 1818
Meninggal                         : London, Inggris, 14 Maret 1883 (Umur 64 tahun)
Ayah/Ibu                           : Heinrich Marx/Henrietta Pressborch
Istri                                    : Jenny von Westphalen (pada 1843)
Pekerjaan                           : Filsuf, Editor, Wartawan, Penulis
Agama                               : Protestantisme, kemudian tidak beragama (Atheis)
Era                                     : Filsafat Abad ke-19
Aliran                                : Marxisme, Komunisme, Sosialisme Ilmiah, Materialisme
Minat Utama                     : Politik, ekonomi, filosofi, sosiologi, labour, sejarah,  Perjuangan kelas, Ilmu alam
Karya                                : Economic and Philosophical Manuscript, The German   Ideology, The Class Strrunggles in France and the Eighteenth Brumaire of Louis Bonaparte, The Communist Manifesto, Das Capital.
Gagasan Penting   : Pendiri Marxisme (dengan Engels), nilai lebih, kontribusi kepada teori nilai kerja, alienation dan eksploitasi pekerja, Manifesto Komunis, Das Kapital, materialist conception of  history.

Karl Heinrich Marx adalah seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia. Karl Marx lahir dari keluarga progresif Yahudi. Ayahnya bernama Herschel, keturunan para rabi, walaupun begitu ayahnya cenderung menjadi deis, yang kemudian meninggalkan agama Yahudi dan beralih ke agama resmi Prusia, Protestan aliran Lutheran yang relatif liberal untuk menjadi pengacara. Herschel pun mengganti namanya menjadi Heinrich. Keluarga Marx amat liberal dan rumah Marx sering dikunjungi oleh cendekiawan dan seniman pada masa-masa awal Karl Marx.
Marx menjalani sekolah di rumah sampai ia berumur 13 tahun. Setelah lulus dari Gymnasium Trier, Marx melanjutkan pendidikan di Universitas Bonn jurusan hukum pada tahun 1835. Pada tahun berikutnya, ayahnya memaksa Karl Marx untuk pindah ke universitas yang lebih baik, yaitu Friedrich-Wilhelms-Universität di Berlin. Pada saat itu, Marx menulis banyak puisi dan esai tentang kehidupan, menggunakan bahasa teologi yang diwarisi dari ayahnya. Saat di Berlin, minat Marx beralih ke filsafat, dan bergabung ke lingkaran mahasiswa dan dosen muda yang dikenal sebagai Pemuda Hegelian. Marx mendapat gelar doktor pada tahun 1841 dengan tesis berjudul The Difference Between the Democritean and Epicurean Philosophy of Nature namun, ia harus menyerahkan disertasi ke Universitas Jena karena Marx menyadari bahwa statusnya sebagai kelompok Hegelian muda radikal akan diterima dengan kesan buruk di Berlin.
Pada tahun 1844 di Paris, Marx bertemu dengan Friedrich Engels. Setelah kematian Marx, Engels lah yang meneruskan perjuangan Marxismenya. Engels berperan dalam lebih banyak bersurat-suratan dengan kaum revolusioner, menyunting dan menerbitkan buku-buku Marx, dan terus mempertahankan kebesaran Marx. Marx yang semasa hidupnya selalu tinggal berpindah-pindah ini adalah anti-kapitalis.
Pemikiran-pemikiran Marx ini dipengaruhi oleh Hegel, Feurbach, pemikir-pemikir sosialis Perancis seperti St. Simon, Prudhon dan tokoh revolusioner seperti Blanqui. Berbagai pemikiran Marx ini selanjutnya disebut sebagai paham Marxisme.
Pemikiran Karl Marx dalam bidang ekonomi:
a.       Model Eksploitasi Kapitalisme Ala Marx
Dalam Capital, yang dipublikasikan pada 1867, Marx berusaha memperkenalkan model alternatif untuk ekonomi klasik Adam Smith. Sistem ini dimaksudkan untuk menunjukkan secara “ilmiah” bahwa sistem kapitalisme mengandung cacat fatal, yakni hanya menguntungkan kapitalis dan bisnis besar dengan mengeksploitasi buruh, dan kapitalisme akan mengalami krisis yang pada akhirnya akan menghancurkan dirinya sendiri.
b.      Teori Nilai Kerja
Dalam sistem kelas Ricardo, buruh memainkan peran kritis dalam menentukan nilai. Ricardo, dan kemudian Marx, mengklaim bahwa tenaga kerja adalah satu-satunya penghasil nilai. Nilai suatu “komoditas” harus sama dengan jumlah rata-rata dari jam kerja yang dipakai dalam menciptakan komoditas itu.
c.       Teori Nilai Surplus
Jika tenaga kerja adalah satu-satunya penentu nilai, lalu ke mana profit dan bunganya? Marx menyebut profit dan bunga sebagai “nilai surplus”. Jika semua nilai adalah produk dari tenaga kerja, maka semua profit yang diterima oleh kapitalis dan pemilik tanah pastilah merupakan “nilai surplus” yang diambil secara tidak adil dari pendapatan kelas pekerja.
Marx mengembangkan rumus matematika untuk teori nilai surplusnya ini. Tingkat profit (p) atau ekploitasi adalah sama dengan nilai surplus (s) dibagi dengan nilai produk akhir (r).
Jadi,           p = s / r
Marx membagi niai produk akhir menjadi dua bentuk kapital (modal), yakni kapital konstan (C) dan kapital variabel (V). Kapital konstan merepresentasikan pabrik dan peralatan. Kapital variabel adalah biaya tenaga kerja.
Persamaannya menjadi:                 p = s / [v+c]
Marx berpendapat bahwa profit dan eksploitasi dapat dinaikkan dengan memperpanjang hari kerja  dan mempekerjakan perempuan dan anak-anak dengan upah yang lebih rendah ketimbang lelaki dewasa. Lebih jauh, mesin dan kemajuan teknologi menurut Marx hanya menguntungkan kapitalis, bukan buruhnya.
d.      Kerja dan Keterasingan (Alienasi) Manusia
Dalam “Economic and Philosophical Manuscripts”, Marx menerangkan bahwa dalam pekerjaannya manusia mengalami empat lapis keterasingannya, yaitu keterasingan dari hasil kerjanya, keterasingan dari tindakan berproduksi, keterasingan dari sesama manusianya, dan keterasingan dari speciesnya (jenisnya). Dalam masyarakat industri yang kapitalistis, yang berdasarkan milik pribadi, manusia khususnya kaum buruh hanyalah alat dalam proses produksi.
e.       Teori tentang perkembangan ekonomi menurut Marx sebenarnya dapat dibagi menjadi tiga bagian, pertama pemikirannya tentang proses akumulasi dan konsentrasi, kedua teori tentang proses kesengsaraan/kemiskinan yang meluas (die verelendung atau increasing misery), ketiga teori tentang tingkat laba yang cenderung menurun (krisis).
4.      Friedrich Engels
Nama                                 : Friedrich Engels
Tempat tanggal lahir         : Barmen, Wuppertal, Jerman, 28 November 1820
Meninggal                         : London, Inggris 5 Agustus 1895 (Umur 74 tahun)
Ayah/Ibu                           : Friedrich Engels Sr./Elizabeth Franziska Mauritia von Haar
Istri                                    : Lydia “Lizzie” Burns
Pekerjaan                           : Industrialis, Ilmuwan sosial, penulis, teorikus politik, ahli Filsafat, Jurnalis
Agama                               : Protestan
Era                                     : Filsafat abad ke-19
Minat Utama                     : Filsafat politik, ekonomi, perjuangan kelas, kapitalisme
Karya                                : The Holy Family (1844), The Condition of the Working Class in England (1845), Manifesto Partai Komunis (1848), Anti-Dühring, Herr Eugen Dühring's Revolution in Science (1878), Socialism: Utopian and Scientific (1880), Dialektika Alam (1883), The Origin of the Family, Private Property and the State (1884)
Gagasan Penting               : Keterasingan dan eksploitasi pekerja, materialisme historis

Friedrich Engels adalah anak sulung dari industrialis tekstil yang berhasil. Sewaktu ia dikirim ke Inggris untuk memimpin pabrik tekstil Ermen and Engels milik keluarganya yang berada di Manchester, ia melihat kemiskinan yang terjadi kemudian menulis dan dipublikasikan dengan judul Kondisi dari kelas pekerja di Inggris (Condition of the Working Classes in England, 1844). Pada tahun 1844 Engels mulai ikut berkontribusi dalam jurnal radikal yang ditulis oleh Karl Marx di Paris. Kolaborasi tulisan Engels dan Marx yang pertama adalah The Holy Family. Mereka berdua sering disebut "Bapak Pendiri Komunisme", di mana beberapa ide yang berhubungan dengan Marxisme sudah kelihatan. Bersama Karl Marx ia menulis Manifesto Partai Komunis (1848). Setelah Karl Marx meninggal, ialah yang menerbitkan jilid-jilid lanjutan bukunya yang terpenting adalah Das Kapital.
Pemikiran-pemikiran Friedrich Engels:
a.       Dalam bukunya Les éléments de l’ideologie, Destutt de Tracy mendefinisikan ‘ilmu gagasan-gagasan’ sebagai berikut: “Ilmu itu bisa disebut ideologi, jika orang hanya mengamati pokok masalahnya; tata bahasa umum, jika orang hanya mengamati metode-metodenya; dan logika, jika orang hanya mengamati tujuannya. Apapun namanya, ilmu itu pasti memuat tiga bagian ini, karena yang satu tak bisa dijalankan secara memadai tanpa menjalankan juga dua yang lainnya. Jadi, boleh dibilang bahwa asal-usul istilah ideologi hanya berarti ‘ilmu tentang gagasan-gagasan’.
b.      Engels menempatkan agama sebagai sebentuk ideologi yang digunakan oleh kelas dominan untuk menyamarkan kenyataan dan mengendalikan kelas-kelas terhisap, Engels juga menjelaskan agama secara empiris dalam wujud analisis pertarungan kelas dalam suatu kurun waktu tertentu. Pemikiran ini muncul dalam karya Engels mengenai Sejarah Kekristianian Awal (1894-6, MEA h.335-366) tentang asal-muasal agama Kristiani dan The Peasant War In Germany (1871) tentang pemberontakan-pemberontakan petani di jaman feodal. Untuk lebih jelasnya menyinggung pemikiran Engels tentang agama, terdapat sebuah esai berjudul “Di Balik Agama: Analisis Engelsian atas Konflik Keagamaan dalam Masyarakat Tibet“ yang ditulis oleh Stanley Khu. “Engels beranggapan bahwa agama dijadikan alasan untuk berperang,”. Dari kasus pada tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa konflik yang terjadi sebenarnya adalah karena alasan ekonomi. Sedangkan agama hanya tampakan luar, atau pembalut konflik yang sesungguhnya.
Pemikiran Engels lebih banyak berkenaan tentang filsafat dan ideologi sedangkan Marx cenderung kepada ilmu-ilmu sosial. Namun secara umum, pemikiran Engels tidak dapat dipisahkan dengan pemikiran Marx itu sendiri. Engels sama sekali bukan hanya juru ketik dan donatur Marx. Pemikiran mereka berdua berdiri bersamaan, yang satu bukan lah subordinat dari yang lainnya, bahkan keduanya saling melengkapi.
5.      Robert Owen
Nama                                 : Robert Owen
Tempat, tgl lahir                : Newton, Montgomeryshire, Wales, 14 Mei 1771
Meninggal                         : 17 November 1858 (umur 87)
Pekerjaan                           : Co-operator, social reformer
Istri                                    : Caroline Dale

Robert Owen  (lahir di Newton, PowysMontgomeryshireWales14 Mei 1771 – meninggal 17 November 1858 pada umur 87 tahun) adalah pemikir utama sosialisme utopis, dia adalah seorang pelaku bisnis sukses yang menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi peningkatan hidup karyawannya. Dia dianggap sebagai "Bapak" gerakan koperasi. Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New LanarkSkotlandia dan memperkenalkan waktu kerja lebih pendek, membangun sekolah untuk anak-anak dan merenovasi rumah-rumah tempat tinggal pegawainya.
Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yg disebut New Harmony (Keselarasan Baru) di Indiana, AS. Kontribusi utama Owen ke pikiran kaum sosialis adalah pandangan yang dimana perilaku sosial manusia tidaklah tetap atau absolut, dan manusia itu mempunyai kemauan bebas untuk mengorganisir diri mereka ke dalam segala bentuk masyarakat yg mereka inginkan.
Pada tahun 1820-an revolusi industri di Inggris menyebabkan banyak penderitaan pada masyarakat Inggris, seperti pekerja anak-anak tanpa perlindungan, jam kerja yang panjang, tenaga kerja terdesak oleh penggunaan tenaga mesin, pemberontakan-pemberontakan kecil dan berbagai protes muncul dimana-mana.
Seorang tokoh sosialis yang bernama Robert Owen memiliki sebuah pabrik yang dipimpinnya dalam keadaaan yang ideal, tidak ada pekerja anak, jam kerja masih pendek (10-11 jam perhari), pintu ruang kerja pimpinan pabrik selalu terbuka dan setiap pekerja boleh mengajukan keberatan-keberatan peraturan kerja di pabrik.
Pemikiran Robert Owen yaitu saran-saran yang diajukan untuk keadaan dunia perdagangan tahun 1816-1820. Diantaranya perbaikan kondisi kerja dalam pabrik, jam kerja yang lebih pendek, penghapusan tenaga kerja anak-anak, dan orang-orang miskin yang diarahkan menjadi produktif. Selain itu, ia merupakan penggagas desa-desa gotong royong (village of cooperation) meskipun pada saat itu Laissez-faire berlaku. Robert Owen menggagaskan kepada masyarakat mengenai pentingnya koperasi yang pada saat itu di desa tersebut banyak bermukim kaum petani dan pekerja pabrik. Tetapi usulannya mengenai desa gotong royong ditolak oleh parlemen karena mendapat banyak kritik. Dengan semangat dan kerja kerasnya ia mengumpulkan dana dari perusahaannya sendiri untuk membantu kesejahteraan para pekerja dengan sistem koperasi yang digagasnya.
6.      Louis Blanc
Nama                                 : Louis Jean Joseph Charles Blanc / Louis Blanc
Tempat, tgl lahir                : Madrid, Kerajaan Spanyol 29 Oktober 1811
Meninggal                         : 6 Desember 1882 (umur 71) Cannes, Perancis
Era                                     : Filsuf abad ke-19
Aliran                                : Sosialisme
Minat Utama                     : Politik, sejarah, ekonomi
Gagasan penting               : Hak bekerja, Lokakarya Nasional
Dipengaruhi                      : John Stuart Mill, Robert Owen, Comte de Saint Simon
Mempengaruhi                  : Joseph Dejacque, Peter Kropotkin, Mikhail Bakunin, Pierre-Joseph

Louis Jean Joseph Charles adalah politisi dan sejarawan Perancis. Seorang sosialis yang menyukai reformasi, dia menuntut pembentukan koperasi untuk menjamin pekerjaan kaum miskin kota.Setelah Revolusi 1848 Blanc menjadi anggota pemerintahan sementara dan mulai menganjurkan pembentukan koperasi yang di masa awal akan dibantu pemerintah, tetapi pada akhirnya akan dikontrol oleh pekerja itu sendiri. Anjuran Blanc tidak berhasil, dan di antara kecenderungan pekerja radikal dan Garda Nasional, dia dipaksa ke pengasingan.
Blanc kembali ke Perancis pada 1870, sebelum berakhirnya Perang Perancis-Prusia, dan menjabat sebagai anggota Majelis Nasional. Meski dia tidak mendukung Komune Paris, dia berhasil mengusulkan amnesti bagi Communard. Meskipun ide Blanc tentang koperasi pekerja tidak pernah terealisasi, gagasan politik dan sosialnya sangat menyumbang perkembangan sosialisme di Perancis.
Sosialisme negara (state socialism) meliputi gagasan mengenai pemilikan pemerintah dan pelaksanaan seluruh sector dengan tujuan untuk mencapai sasaran masyarakat keseluruhan. Sosialis negara menganggap negara sebagai kekuatan yang adil sehingga mampu menguntungkan kaum buruh, negara dapat mengambil alih perusahaan-perusahaan yang memonopoli masyarakat sehingga dapat membantu perkembangan perekonomian melalui pemberian subsidi kepada koperasi-koperasi.
Louis Blanc dalam bukunya Organisation du Travail (1839) menyebutkan bahwa konflik merupakan buah dari persaingan yang korbannya adalah masyarakat yang lemah. Ia memberikan saran bahwa harus adanya kebijaksanaan upah yang sama serta adanya koordinasi antara kepentingan  individual dengan kepentingan umum. Louis Blanc juga mengusulkan untuk mendirikan ateliers sociaux yang merupakan pabrik yang dikelolan oleh negara, sehingga para pekerja mendapatkan upah yang kayak. Pabrik yang digagasanya akan lebih unggul dibanding dengan pabrik swasta karena produktivitasnya lebih tinggi dan memungkinkan karyawan untuk mendapatkan insentif  dari sebagian laba.
Louis Blanc sempat mengimplementasikan gagasannya tersebut pada saat memasuki pemerintahan revolusioner Prancis, akan tetapi mengalami kegagalan karena para pekerja dipaksa untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak produktif.
7.      John Stuart Mill
Nama                                 :John Stuart Mill
Tempat, tgl, Lahir             : Pentonville, London 1806
Meninggal                         : 8 Mei 1873 (66 tahun) Avignon, Perancis
Era                                     : ke-19
Aliran                                : Sosialisme utopis, fourierisme
Minat utama                      : Political philosophyethicseconomicsinductive logic
Gagasan penting               : Public/private sphere, hierarchy of pleasures in utilitarianism, rule utilitarianism, liberalism, early liberal feminism, harm principle, Mill's Methods, direct reference theory
Dipengaruhi                      : Plato, Aristotle, Demosthenes, Epicurus, Aquinas, Hobbes, Locke, Hume, Babbage, Berkeley, Bentham, Francis Place, James Mill, Harriet Taylor Mill, Smith, senior, Ricardo, Tocqueville, W, Von Humboldt, Goethe, Bain, Auguste, Comte, Saint Simon, Marmontel, Wordsworth, Coleridgw, Herder

John Stuart Mill dilahirkan pada Rodney Street di Pentonville daerah Londonpada tahun 1806, anak sulung dari filsuf Skotlandia, sejarawan dan imperialis James Mill dan Harriet Burrow. Mill muda tidak pernah sekolah, namun ayahnya memberi suatu pendidikan yang sangat baik. Terbukti sejak kecil usia 3 tahun sudah diajari bahasa Yunani, bahasa Latin pada usia 8 tahun, serta ekonomi politik dan logika (termasuk karya asli Aristoteles) pada usia 12 tahun dan mendiskusikannya dengan ayahnya. Selanjutnya Mill mempelajari ekonomi, Demonthenes dan Plato khususnya pada metode dan argumentasi (Mudhofir, 2001: 362).
Pada usia 15 tahun, ia membaca karangan Jeremy Betham dan berhasil mempengaruhi paradigma berfikirnya, sehingga ia mematangkan pendapatnya dan memantapkan tujuannya untuk menjadi ”Sosial Reformer” (pembaharu sosial). Ketika berusia 17 tahun, Mill bekerja di India House Company, di mana Ia mengabdi selama tiga puluh lima tahun sampai perusahaan tersebut bubar pada tahun 1853. Selama tahun 1865-1868 Mill menjadi anggota dalam Lower House parlemen Inggris (Suseno, 2003: 177).
Sejak kecil John Stuart Mill juga mendapatkan pendidikan langsung dari pamannya Jeremy Betham. Sehingga tidak mengherankan ketika berusia 20 tahun, Mill sudah terkenal sebagai pemimpin gerakan utilitarianisme yang kritis. Di samping itu, ketika bekerja di India Company pada tahun 1823, Ia selalu meluangkan banyak waktu untuk melakukan pengembaraan intelektual dan menyebarkan ajaran utilitarianisme melalui surat kabar dan jurnal (Schmandt, 2004: 454).
Pada tahun 1831 ia diperkenalkan pada Harriet Taylor, istri seorang saudagar makmur. Kisah cinta platonik mill dengan Harriet menjadi legenda. Mereka melakukan percakapan intensif dan Mill memuji Harriet karena telah banyak memberikan inspirasi terhadap karya-karya pemikiran dan tulisannya. Suami Harriet meninggal pada tahun 1849 dan tiga tahun kemudian Harreit dan John pun menikah. Harriet meninggal pada tahun 1858, setelah kematian istrinya, John mulai menulis tentang karya-karyanya dan beberapa waktu berdinas di parlemen antara tahun 1865-1868. Ia meninggal di Avignon pada tahun 1973 dikarenakan sakit.
Mengingat pekerjaannya yang begitu intensif, tidaklah mengherankan bahwa pada tahun 1826 ia mengalami keambrukan karena sakit saraf. Namun, krisis mental itu mempunyai efek yang positif. Ia mulai membebaskan diri dari filsafat Jeremy Betham dan mengembangkan pahamnya sendiri tentang utilitarianisme. Paham ini dirumuskannya dalam essay Utilitarianism dari tahun 1864, yang kemudian menjadi bahan sebuah diskusi hebat selama hampir seluruh akhir abad ke 19, terutama di Inggris. Paham khas tentang utilitarianisme yang dirumuskan Mill merupakan sumbangan penting kepada filsafat moral. Ia meninggal di Avigron di Prancis pada tahun 1873.
Mill adalah seorang penulis yang produktif. Tulisan-tulisannya tentang ekonomi dan kenegaraan dibaca luas. Salah satu tulisannya paling gemilang dalam etika politik segala zaman adalah bukunya On Liberty di tahun 1859, yang merupakan pembelaan kebebasan individu terhadap segala usaha penyamarataan masyarakat. Tulisan lainnya yang penting adalah System of Logic pada tahun 1843, Principles of Political Economy pada tahun 1848, Considerations on Representative Government, dan The Subjection Of Women diseleseikan pada tahun 1861, tiga tahun setelah kematian Harriet, Mill menggambarkan kesulitan kaum wanita di dalam sebuah tatanan sosial pada tulisan karyanya ini, serta Utilitarianism, diseleseikan pada tahun 1863. Mill menjadi tokoh intelektual liberalisme Inggris kedua yang tidak lagi membela paham laissez faire klasik, melainkan memperhatikan tuntutan-tuntutan keadilan social (Magnis Suseno, 1998: 177-178)


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Mazhab Sosialisme dikatakan lahir dan berkembang sebagai reaksi terhadap akibat buruk dari adanya revolusi industri. Revolusi industri memang membawa kemajuan dan banyak kekayaan, sungguhpun pada kenyataan banyak dari rakyat terutama kaum buruh yang hidupnya tetap miskin karena gaji buruh bukan hanya sangat rendah tetapi juga selalu ditekan.
Para tokoh pemikir Sosialisme sangat anti terhadap kapitalisme dan individualisme, karena mereka yang semakin kaya itu adalah hanya kaum pemilik modal atau kaum kapitalis, dengan demikian terjadi kesenjangan ataupun ketimpangan pola hidup, yaitu jurang yang semakin kaya antara si kaya dan si miskin.
Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Sosialisme:
1.      Karena adanya revolusi Industri.
2.      Karena bangkitnya kaum borjuis (majikan) dan kaum proletariat (buruh).
3.      Munculnya pemikiran-pemikiran baru yang lebih terpelajar, dan lebih rasional terhadap kehidupan manusia & masyarakatnya.
4.      Adanya tuntutan-tuntutan berlakunya demokrasi dari hasil revolusi Perancis.
Ada tiga jenis sosialisme, yaitu sosialisme utopian, sosisalisme negara dan sosialisme anarkis.
Tokoh-tokoh dari mazhab sosialis diantaranya yaitu Karl Marx, Friedrich Engels, Louis Blanc, Robert Owen, Joseph Pierre, Thomas Hodgskin, dan John Stuart Mill yang masing-masing memiliki pemikiran-pemikirannya.

B.     Saran
Dengan adanya pemikiran dari tokoh-tokoh ekonomi sosialis diharapkan pemikiran-pemikiran mengenai teori ekonomi dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan ekonomi. Dalam makalah ini masih banyak kekurangan, baik dari kapasitas materinya yang kurang ataupun dari segi bahasanya yang sulit dimengerti, dll. Maka dari itu untuk perbaikan makalah-makalah yang selanjutnya, mohon kritik dan saran yang membangun sebagai bahan instropeksi kami dalam penyusunan sebuah makalah.

Daftar Pustaka

Buku
Sastradipoera, K. (2001). Sejarah Pemikiran Ekonomi: Suatu Pengantar Teori dan Kebijaksanaan Ekonomi. Bandung: Penerbit Kappa-Sigma

Skousen, M. (2005). Sang Maestro Teori-Teori Ekonomi Modern: Sejarah Pemikiran Ekonomi. Jakarta: Prenamedia Group

Sumber lainnya
Hussein, Zaki Mohamad. Sosialisme Ilmiah. Left Book Review IndoProgress. Edisi XI/2013. Diakses: 17 Juni 2013 dari https://indoprogress.com/2013/06/sosialisme-ilmiah/

Marx, K. (1989). Introduction to the French Edition of Engels’ Socialism: Utopian and Scientific, dalam Karl Marx dan Frederick Engels, Collected Works, Jilid 24. New York: International Publishers

Marx & Engels Collected Work, Volume 24, hal 281-325. Lawrence & Wishart, 2010. Diakses dari https://www.marxists.org/indonesia/archive/marx-engels/1880/utopi-ilmu/index.htm

Wikipedia. Thomas Hodgskin [Online]. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/Thomas_Hodgskin

Wikipedia. Pierre Joseph Proudhon. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pierre-Joseph_Proudhon

Wikipedia. Karl Marx. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Karl_Marx

Wikipedia. Friedrich Engels. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Friedrich_Engels


Wikipedia. Louis Blanc. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Louis_Blanc

Wikipedia. Robert Owen. [Online]. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Owen







1 komentar:

  1. Buku yg menjelaskan latar belakang timbulnya Mazhab sosialis namax apa

    BalasHapus