Rabu, 11 April 2018

Contoh Soal Latar Belakang pemikiran Smith


Latar Belakang pemikiran Smith

a)      Jelaskan latar belakang pemikiran adam smith
·         Smith menentang merkantilisme, menurutnya merkantilisme hanya menghasilkan kemakmuran dan keuntungan bagi produsen dan pemegang monopoli saja, tidak memperhatikan kepentingan konsumen.
·         Dalam hal faktor yang mempengaruhi kemakmuran. Kaum merkantilisme percaya bahwa alamlah yang menentukan tingkat kemakmuran. Sedangkan smith menyatakan bahwa tingkat kemakmuran adalah kemmapuan manusia sendiri sebagai faktor produksi
·         adam smith memulai pemikirannya tentang bagaimana kekayaan dan kemakmuran diciptakan melalui kapitalisme pasar bebas

b)      Jelaskan pokok pemikiran dari adam smith
= Tiga karakteristik system kapitalis :
·         kebebasan (freedom) : hak untuk memproduksi dan mamperdagangkan produk, tenaga kerja dan capital
·         kepentingan diri sendiri (self interest) : hak seseorang untuk melakukan usaha sendiri dan membantu kepentingan orang lain
·         persaingan (competition) : hak untuk bersaing dalam produksi dan perdagangan barang dan jasa
smith mengatakan bahwa ketiga unsur itu akan menghasilkan “harmoni alamiah” dari kepentingan antarburuh, pemilik tanah dan kapitalis. Kepentingan diri dari jutaan orang akan menghasilkan masyarakat yang stabil dan makmur tanpa perlu diarahkan oleh negara secara terpusat.

c)      Apakah adam smith medukung terhadap keserakahan? Jelskan!
= Adam smith dalam The Theory of Moral Sentiments jelas menyebutkan bahwa smith tidak setuju dengaan pandangan Mandeville. Adam smith menyebut buku Mandeville sebagai buku yang “sepenuhnya rusak” dan tesisnya “keliru”. Smith tidak setuju dengan pandangan yang menyatakan bahwa kemajuan ekonomi bisa dicapai melalui keserakahan, ketamakan, dan cinta diri tanpa kendali, dan ia mengecam Mandeville karena tampaknya ia tidak bisa membedakan antara baik dan jahat. Tetapi ia mendukung kontrol diri.

d)     Bagaimana adam smith bisa menulis buku yang fenomenal tsb
= Pada 1764, Charles Townsend, seorang anggota parlemen Inggris terkenal, menawarkan bayaran yang lumayan dan dana pension seumur hidup ke smith jika ia mau menjadi tutor bagi anak angkatnya, Henry Scott, Duke of Buccleuch. Mereka kemudian berpergian ke Perancis, dan disana smith bertemu dengan Voltaire, Turgot, Quesnay, dan pemikir-pemikir besar Perancis lainnya. Di Perancis inilah, smith menunjukkan tanfa bosan mengajar dan mulai melakukan penelitian dan menulis The Wealth of Nations. Karya ini langsung menjadi best seller, habis terjual dalam jangka waktu enam bulan.

e)      Sebutkan tokoh2 dam pemikirannya yang menjadi inspirasi thdp adam smith
= Tokoh yang mempengaruhi adam smith yaitu:
·         Richard Cantillon (1680-1734). Essay Cantillon yang sangat mengesankan dan jelas, mempengaruhi adam smith tentang mekanisme otomatis dalam pasar, yaitu permintaan dan penawaran, peran vital dari kewirausahaan yang diulas dalam The Wealth of Nations dan analisis inflasi moneter “Pra Austrian” yang canggih, yakni tentang bagaimana inflasi bukan hanya menaikkan harga tetapi juga mengubah pola pengeluaran.
·         Jacques Turgot (1722-1781) adalah filsuf Perancis yang sangat berpengaruh terhadap pemikiran adam smith melalui karyanya Reflections on the Formation and Distributio of Wealth (1766). Turgot adalah pendukung perdagangan bebas dan Laisssez faire. Sebagai fisiokrat, Turgot membela pertanian sebagai sektor paling produktif dalam ekonomi, tetapi Reflection menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ekonomi. Karya ekonomminya yang terang ini memberikan pemahaman yang baik tentang prefensi waktu, capital dan suku bunga, dan peran entrepreneur kapitalis dalam ekonomi kompetitif. Dia mendeskripsikan hukum pendapatan yang berkurang.
·         Etienne Bonnot Condillac (1714-1780) ekonom dan filsuf yang mempengeruhi smith juga. Gagasanekonomi Condillac sangat maju. Dia mengakui manufaktur sebgai sektor produktif, perdagangan sebagai representasi nilai yang tak seimbang dimana kedua belah pihak bisa mendapat keuntungan, dan mengakui bahwa harga ditentukan oleh nilai guna, bukan nilai kerja
·         David Hume(1711-1776) yaitu filsuf besar dan kawan dekat smith. Tulisan-tulisannya yang sedikit mengenai uang dan perdagnagan sangat berpengaruh. Hume menantang penyangkalan diri dan menganjurkan kemwahan dan kehidupan material yang baik
·         Benjamin Franklin (1706-1790) dalam tulisan ekonominya, franklin menulis tentang keuntungan perdagangan bebas, dan pertambahan penduduk, sebuah tema yang muncul dalam The Wealth of Nations.


f)       Sebutkan judul terkenal dari buku yg ditulis adam smith beserta inti pemikiran karyanya tsb
= karya terkenal adam smith :
·         The theory of moral sentiments (1759): bahwa setiap manusia sangat menyukai hidup sebagai warga masyarakat, dan tidak menyukai hidupa yang individualistic dan mementingkan diri sendiri. Secara natural setiap orang akan saling menghargai senhingga manusia adalah makhluk bebas yang dengan sendirinya tahu nilai-nilai kemasyarkatan.
·         An inquiry into the nature and causes of the wealth nations (1776)
Gagasan smith dalam the wealth of nations adalah mengenai paham individualism, peran pemerintah agar tidak bercampur tangan dalam bidang ekonomi (laissez faire-laissez passer), hal-hal mikro seperti penentuan harga, kebijaksanaan untuk memacu pertumbuhan ekonomi, bagaimana kekayaan suatu negara bertambah dan mendistribusikannya. Ada pula teori-teori pembagian kerja, teori nilai, teori harga, mekanisme pasar, dan teori ekonomi lainnya.

g)      Apa yang dimaksud dengan kehidupan masyarakat yg didasarkan pada the natural of things atau the according of things according to natural law menurut adam smith!
= kehidupan masyarakat berdasar the natural of things atau the according of things according to natural law maksudnya adalah tata susunan masyarakat agar didasarkan atas hukum alam yang secara wajar beerlaku dalam dunia nyata.

h)      Konsep the invisible hand dalam ekonomi
= keyakinan bahwa keseimbangan pasar terbentuknya secara natural dengan adanya pertemuan antara supply dan demand. Dalam teori the invisible hand, smith menciptakan kebebasan tanpa batas oleh pemilik modal dan bahwa setiap manusia mempunyai kecendrungan untuk menumpuk keuntungan dan mengakumulasi modal, namun smith percaya bahwa dengan modal yang terakumulasi dalam jumlah yangbanyak seorang individu bisa menggunakan kekayaan untuk membantu orang lain.

i)        Jelaskan pandangan tentang nilai pakai (values in use) dan nilai tukar (values in exchange)
= Smith memaksudkan bahwa nilai tukar suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga kerja (labour) yang diperlukan untuk menghasilkan barang tersebut, maka kerja adalah ukuran alamiah yang menentukan nilai suatu barang. Dalam ekonomi modern, ukuran nilai tukar adalah ekualibirium antara upah, keuntungan dan sewa tanah yang membentuk harga alamiah dari suatu komoditas.
Hubungan antar nilai guna dan nilai tukar menurut smith, suatu barang bisa mempunyai nilai pakai yang lebih tinggi daripada nilai tukar, dan sebaliknya. Sebagai contoh diamond water paradox

j)        Jelaskan yg dimaksud labor value theory
= smith berpendapat, bahwa kemakmuran suatu negara akan bergantung pada dua kondisi, yaitu tingkat produktivitas pekerja dan jumlah kegunaan pekerja. Smith memaksudkan bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga kerja (labour) yang diperlukan untuk menghasilkan barang tersebut

k)      Jelakan apa yg dimaksud diamond water paradox, apakah smith dapat menyelesaikan
= Teori mengenai diamond water paradox baik menurut smith dan Ricardo dianggap masih belum bisa menyelesaikannya dengan memuaskan.
diamond water paradox adalah sebuah analogi dari sebuah perhiasan yang tidak terkait dengan kebutuhan dasar manusia namun memiliki harga yag lebih mahal dibandingkandengan air yang paling dibutuhkan untuk kelangsungan hidup naming memiliki harga yang lebih murah.

l)        Konsep pembagian kerja atau spesialisasi kerja
= Pembagian kerja bukan berarti adanya perbedaan kodrati, namun dengan adanya pembagian kerja mendorong orang untuk mengerjakan yang terbaik yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing. Menurut smith pembagian kerja menyebabkan kemajuan sosial dalam perubahanan mendorong manusia kedalam ekonomi modern atau masyarakat produktif:
·         Pembagian kerja menyebabkan meningkatnya kerajinan pada setiap pekerja khusus tertentu yang  pada gilirannya membuat kondisi sosial ekonomi seluruh masyarakt menjadi lebih baik
·         Pembagian kerja menyebabkan penghematan waktuu yang biasanya terbuang
·         Pembagian kerja mendorong dan menimbulkan penemuan sejumlah mesin bbaru yang mempermudah dan menghemat tenaja kerja

m)    Tokoh yg mengkritik adam smith dan isi kritikannya
= Keynes, mengatakan bahwa peran pemerintah diperlukan untuk menyikapi pengangguran. Isu tentang pengangguran ini juga muncul dari sanggaham Keynes terhadap smith yang mengatakan bahwa mekanisme pasar yang efisien akan menciptkan kondisi dimana tidak akan ada pengangguran sebab semua faktor produksi akan terserap untuk memenuhi permintaan dengan seimbang. Argument smith yaitu apabila ada sumber daya yang tak dimanfaatkan maka biaya penggunaannya akan turun dan mendorong produsen memperbesar produksi dengan menggunakan sumber daya tadi. Sedangkan Keynes berpendapat bahwa jumlah permintaan tidak akan cukup intuk mengimbangi semua produk yang dihasilkan. Permintaan agregat tidak seimbang karena adanay sebagian yang dialokasikan untuk menabung. Pemerintahlah yang bisa mempengaruhi kecendrungan menabung masyarakat dengan mengatur tingkat bunga, oleh karena itu peran pemerintah diperlukan untuk memaksimumkan kemanfaatan sosial.

n)      Apa sumbangan abadi smith
= pemikiran adam smith yang masih digunakan hingga kini yaitu pemikiran kapitalisme yang masih digunakan oleh beberapa negara-negara barat, dan juga pemikiran mengenai perdagangan bebasdan keunggulan mutlak (absolute advantage) yang masih digunakan banyak negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar