Rabu, 11 April 2018

Contoh Soal Sejarah Pemikiran Ekonomi Kaum Perintis


Contoh Soal Sejarah Pemikiran Ekonomi Kaum Perintis

1)      Mengapa Plato beranggapan bahwa dengan penganekaragaman (diversivikasi) merupakan keharusan?
Jawab: karena tidak seorang pun yang dapat memenuhi sendiri berbagai kebutuhannya. Pemikirannya menekankan pada asas keadilan dan kerjasama serta bantu membantu dalam melakukan kegiatan ekonomi. Artinya setiap orang saling bekerjasama dalam melengkapi kebutuhannya antara yang satu dengan yang lain dan inilah awal dasar pemikiran Prinsip Spesialisasi kemudian dikembangkan oleh John Locke dan Adam Smith.

2)      Jelaskan pandangan Aristoteles tentang kekayaan?
Jawab: Menutnya jika menumpuk kekayaan dengan jalan minta atau mengambil riba, maka uang menjadi mandul atau tidak produktif. kekayaan baru bisa bertambah kalau ada aktivitas bisnis rill. Kekayaan dan hak seharusnya di distribusikan kembali dari pajak dan cukai, tradisi, dan arahan pemerintah. Karena sudah jelas bahwa kekayaan bukanlah tujuan dari aristotels, namun semata-mata untuk mencapai tujuan yang lebih jauh. Selain itu secara empiris telah terbukti bahwa kekayaan tidak menjamin adanya kebahagiaan.

3)      Jelaskan apa alasannya mengapa Aristoteles menolak kehadiran uang dan pinjam- meminjam uang dengan bunga?
Jawab: Aristoteles pada dasarnya menolak pinjam meminjam uang dengan bunga. Menurutnya fungsi uang adalah sebagai alat tukar (medium of exchange) bukan alat menghasilkan tambahan melalui bunga. Uang jika digunakan untuk mengejar keuntungan dengan cara memberikan bunga, maka  uang dapat menimbulkan kesenjangan si kaya dan si miskin, korupsi dan pemborosan.

4)      Apakah ada perbedaan pandangan antara Plato dengan Aristoteles tentang hak milik, jika ada  di mana perbedaannya. Jelaskan?
Jawab: Menurut Plato Hak milik seharusnya menjadi hak milik Bersama, tidak ada milik pribadi. Sedangkan menurut aristoteles hak milik bersama tidak praktis dan bertentangan dengan harkat manusia karena tanpa hak milik pribadi orang tidak merasa puas, karena harga dirinya hilang serta tidak dapat berbuat amal baik.  Masalah hak milik ternyata dikembangkan oleh Aristoteles dengan konstitusi negara yang ideal.

5)      Jelaskan pendapat Xenophon tentang isi bukunya yang berjudul Oikonomikos?

Jawab: Inti pemikiran Xenophon dalam bukunya yang berjudul oikonomis adalah pertanian dipandang sebagai dasar kesejahteraan ekonomi, pelayaran dan perniagaan yang dianjurkan untuk dikembangkan oleh negara, modal patungan dalam usaha, spesialisasi dan pembagian kerja, konsep perbudakan dan sektor pertambangan menjadi milik bersama.

6)      Jelaskan mengapa Thomas Aquinas mengecam dikenakannya bunga atas pinjaman merupakan riba?  Tetapi ada sebagian ilmuwan yang tidak melarang bunga sebagai riba, coba Anda jelaskan apa alasannya? 
Jawab: Berdasarkakan pemikiran tentang konsep keadilan menurut Thomas Aquinas.  Menurutnya dengan menegakkan hukum Tuhan maka dalam jual-beli harus dilakukan dengan harga yang adil (just-price) sedang bunga uang adalah riba. Karena Niat atau perbuatan untuk mendapatkan keuntungan dengan memberikan pinjaman adalah suatu dosa yang bertentangan dengan konsep keadilan dan mengambil bunga dari pinjaman diperbolehkan, namun haram atau tidaknya tergantung niat si pemberi hutang.

                 Tetapi masalah riba, upah yang adil dan harga yang layak ini merupakan masalah yang terus-menerus diperdebatkan dalam ilmu ekonomi. Menurut beberapa ilmuan riba atau bunga diperbolehkan karena dapat digunakan  alat moneter dalam rangka mengendalikan penawaran dan permintaan uang yang beredar dalam suatu perekonomian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar