Rabu, 11 April 2018

Contoh Soal Pemikiran Fisiokrat


Pemikiran fisiokrat

1)   Coba Anda sebutkan dasar-dasar timbulnya aliran fisiokrat?
JAWAB :
1. Mazhab Fisiokrat tumbuh sebagai kritik terhadap pemikiran ekonomi Merkantilisme
            2. Aliran fisiokratis merupakan koreksi atas aliran merkantilisme.
3. Kaum Psiokrat membangun teori berdasarkan konsep hukum alam sehingga    berbeda sangat jauh dgn kaum merkantilis
            4. berakhirnya aliran merkantilis di prancis

2) Sebutkan tokoh-tokoh pemikir ekonomi yang berpengaruh terhadap mazhab fisiokrat?
Jawab :
- Francios Quesney (1694-1774).
- Jaques Turgot (1727-1781).

3)   Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelas produktif dan beri alasan?
Jawab : kelas produktif yaitu, yang aktif mengelola tanah seperti pertanian dan pertambangan. karna menurut kaum psiokrat Kegiatan industri dan perdagangan dinilai tidak produktif  karena kegiatan industri hanya mengubah bentuk atau sifat barang.  Kegiatan perdagangan pun dianggap tidak produktif. Hal ini karena ia melihat para pedagang hanya memindahkan barang dari suatu tempat ketempat lain. kaum petani yang paling produktif diantara keempat golongan masyarakat , Quesnay menganjurkan agar kebijaksanaan-kebijaksaan yang diambil oleh pemerintah harus ditujukan terutama untuk meningkatkan taraf hidup  para petani.


4)      Jelaskan apa pemikiran Turgot dalam mengembangkan pemikiran ekonomi mazhab Pisiokrat?
Jawab :
Jaques Turgot mempunyai dua sumbangan utama terhadap ekonomi, yaitu teori uang sebagai tabir dan teori fruktuasi. Teori uang sebagai tabir yang mempersulit pengamatan fenomena ekonomi. Namun demikian pemikiran ini merupakan gagasan ke arah menemukan dasar satuan perhitungan. Pemikiran tentang ekonomi Turgot sejalan dengan Francios Quesney, yaitu sumber kamakmuran berasal dari alam terutama usaha bidang pertanian. Oleh karena itu, Turgot memberikan dorongan agar usaha pertanian dapat ditingkatkan. Selain itu, Turgot juga berpendapat bahwa individualisme adalah hakim terbaik dari keuntungan sendiri. Ia memperhatikan bahwa keuntungan individu sama baiknya dengan keuntungan raja Menurut mereka, tingginya tingkat harga tidak ada artinya bagi kesejahteraan kaum buruh.

5)      Jelaskan secara singkat tentang Tabel Ekonomi yang dikemukakan oleh Quesnay, buat bagannya secara singkat untuk membantu Anda menjelaskan permasalahannya?
Jawab: Menurut Quesnay, proses dan gejala kehidupan ekonomi ika diliht dalam hubungan antara bagian yang satu dengan yang laon membentuk suatu keseluruhan dengan hukum – hukum tersendiri. Gagasan tersebut dimuat dalam “Tableau Economique

 Dari tabel tersebut tampak bahwa Quesnay membagi masyarakat perekonomian menjadi tiga kelas
1.      Productive Class, yaitu masyarakat yang aktif berproduksi dibidang pertanian (termasuk perikanan dan pertambangan)
2.      Sterile Class, Kaum non produktif seperti saudagar  (di bidang niaga dan industri), para profesional , para buruh, dan tenagakerja penerima gaji.
3.      Proprietary class, meliputi tuan tanah.
Pruductive, Proprietary, dan Sterile Class (khusus saudagar) disebut sebagai golongan mandiri dan memiliki peran aktif dalam perekonomian karena mereka memiliki dan menguasai  modal. Sedangkan Sterile Class (saudagar dan pengrajin), disebut sebagai golongan pasf karena untuk menafkahi hidupnya tergantung sekali kepada golongan-golongan lainnya.
Kegiatan kaum saudagar dibidang niaga dan industri dianggap steril karena tidak menghasilkan surplus (kelebihan bersih di atas bahan dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi.)
Hanya sektor pertanianlah yang dianggap produktif karena hanya sektor tersebut yang dapat menghasilkan surplus atau sisa produksi bersih (net product, produit net)

6) Jelaskan kepada siapa pajak harus dikenakan,' coba beri alasanya mengapa?
 Jawab : Harus dikenakan kepada sektor yang tidak menghasilkan apa2, yaitu kepada pemilik tanah
Konklusi kebijakan penting yang pertama dari Tableau adalah bahwa pajak seharusnya hanya dikenakan pada tuan tanah saja.

Karena pajak yang dikenakan pada sektor pertanian dan manufaktur akan membahayakan perekonomian, maka pajak harus dikenakan kepada sektor yang tidak menghasilkan apa-apa, yaitu kepada para pemilik tanah.

Pajak pada pemilik tanah tidak akan mengurangi input yang tersedia dalam manufaktur atau pertanian, sehingga tidak menyebabkan ekonomi mengalami penurunan. Konklusi kebijakan penting yang kedua dari Tableau adalah bahwa sistem pertanian Perancis harus direstrukturisasi.

7)      Pemikiran Turgot tentang teori fructification theory , coba saudara jelaskan?
Teori fruktifikasi adalah teori tingkat suku bunga yang diajukan oleh ekonom Perancis dan menteri keuangan Anne Robert Jacques Turgot. Istilah teori fruktifikasi adalah karena Eugen von Böhm-Bawerk yang menganggap Turgot sebagai ekonom pertama yang mencoba mengembangkan penjelasan ilmiah tentang tingkat suku bunga.
Menurut Turgot, seorang kapitalis bisa meminjamkan uangnya, atau menggunakannya untuk membeli sebidang tanah. Karena tanah yang subur menghasilkan sewa tahunan selamanya, harganya diberikan dengan formula anuitas abadi: Jika A menunjukkan rente tahunan tanah dan r menunjukkan tingkat bunga, harga tanahnya hanya A / r. Dari rumus ini, Turgot menyimpulkan bahwa "semakin rendah tingkat suku bunga, semakin berharga tanahnya." Secara khusus, jika tingkat bunga mendekati nol, harga tanah akan menjadi tidak terbatas. Karena harga tanah harus terbatas, maka tingkat bunga sangat positif. Turgot juga berpendapat bahwa mekanisme yang menjaga suku bunga di atas nol membuat formasi modal tidak efisien.
8)       
8) Coba suadara jelaskan siapa yang diuntungkan mazhab Fisiokrat ?
Jawab : yang diuntungkan dalam mazhab psiokrat yaitu buruh . Colbert menekan upah buruh melalui penurunan harga gandum yangdilakukan dengan melarang ekspor hasil pertanian itu. Sebaliknya, Fisiokrat justru berupaya untuk menaikkan harga hasil pertanian tersebut, karena pauvre paysans, pauvre royaume, pauvre roi. Fisiokrat berpendapat bahwa, karena para buruh itu menerima upahyang besarnya sama dengan biaya untuk hidup, maka upah mereka akan naik jika harga gandum naik. Menurut mereka, tingginya tingkat harga tidak ada artinya bagi kesejahteraan kaum buruh.

9)      Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori law of deminishing return  dari pemikiran Turgot?
Jawab : 
Mengenai penggunaan lahan, peningkatan produksi pertanian perlu lahan yang semakin luas, karena itu terpaksa digunakan bidang-bidang tanah yang mutunya makin rendah. Output pertanian memang bertambah tetapi tingkat pertambahannya semakin berkurang. Karena itu, peningkatan modal dalam produksi tidak membawa peningkatan output dalam tingkat yang sepadan. Pemikiran Turgot ini embrio dari the law of diminishing returns.

10)  Sebutkan beberapa konsep-konsep ekonomi yang dilahirkan dari pemikiran-pemikiran mazhab fisiokrat !
Jawab :
 - konsep system perekonomian suatu Negara seperti kehidupan biologis tubuh manusia. Antara satu bagian dalam tubuh dengan bagian yang lain membentuk suatu kesatuan yang harmonis. Begitu juga proses dan gejala kehidupan ekonomi jika dilihat dalam hubungan antara bagian yang satu dengan dengan yang lain membentuk suatu keseluruhan yang harmonis.
- Teori nilai dan harga terbagi menjadi tiga, yaitu harga dasar barang-barang, harga penjualan dan harga yang harus dibayar oleh konsumen. Teori uang dalam pemikiran ekonomi kaum Psiokrat ini adalah sebagai tabir uang (money is veil) dan perlunya pengenaan pajak untuk kepentingan ekonomi.
- konsep teori uang sebagai tabir dan teori fruktuasi. Teori uang sebagai tabir yang mempersulit pengamatan fenomena ekonomi. Namun demikian pemikiran ini merupakan gagasan ke arah menemukan dasar satuan perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar